View Full Version
Senin, 01 Jul 2013

Sambut Ramadhan 1434, Elemen Islam Solo Raya Longmarch di Klaten

KLATEN (voa-islam.com) - Jama'ah Ansharut Tauhid atau yang lebih dikenal dengan nama JAT, mengadakan acara siahah (jalan kaki) dan longmarch di kecamatan Pedan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Ahad (30/6/2013) pagi hingga siang hari, dalam rangka sosialisasi menyambut bulan Ramadhan 1434 H dan i'dad jasmani.

Nampak ratusan laskar dari berbagai elemen Islam seperti LUIS, FUI, FPI dan lainya, juga turut serta dalam kegiatan yang merupakan aktivitas rutin triwulanan ini. Dari JAT sendiri, yang ikut dalam acara rihlah kali ini berasal dari JAT Mudiriyah Sukoharjo, Solo, Klaten dan Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Amir JAT Wilayah Jawa Tengah, Ustadz Surowijoyo. Pria yang akrab disapa Cak Rowi ini memberi bekal tausiyah kepada para laskar sebelum berangkat. Taushiyah ini bertujuan untuk menjaga ukhuwah Islamiyyah antar ormas maupun umat Islam.

Harapannya, dengan taushiyah tersebut semakin mengokokohkan semangat para laskar dan tidak mudah dipecah belah oleh musuh-musuh Islam. Cak Rowi juga menyampaikan pesan agar para laskar meluruskan niat dan istiqomah dalam iqomatuddin (menegakkan agama Allah).

Setelah para laskar sudah berkumpul semua sekitar jam 08.00 WIB untuk melakukan persiapan siahah, pada jam 09.00 WIB acara dilanjutkan longmarch dengan berjalan kaki dari masjid Baitul Jalal Pedan menuju kearah Gombang.

Sebelum finish, ditengah-tengah perjalanan para laskar mengikuti beberapa uji keterampilan seperti loncat harimau dan rolling di sebuah lapangan sepakbola. Kegiatan tersebut berfungsi untuk melatih dan meningkatkan kekuatan fisik para laskar.

Setelah melakukan asah ketrampilan, para laskar kembali berjalan dan kemudian kembali ketempat semula sekitar pukul 13.00 WIB. Siahah yang menempuh jarak kurang lebih 16 km tersebut berjalan dengan aman dan tertib.

Sesampainya dimasjid para laskar beristirahat sejenak dan kemudian acara Ahad siang itu dilanjutkan dengan makan bersama dan sholat dhuhur secara berjama'ah. [Khalid Khalifah]


latestnews

View Full Version