View Full Version
Selasa, 20 Aug 2013

Anak Buahnya Terlibat Korupsi, Jero Wacik & SBY Harus Tanggung Jawab

JAKARTA (voa-islam.com) – Pengamat politik Iberamsjah meminta agar Menteri ESDM Jero Wacik mengundurkan diri dari jabatannya terkait terbongkarnya dan ditangkapnya Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini oleh KPK.

Sebab secara administrasi, kata Iberamsjah, Jaro Wacik adalah orang yang harus bertanggung jawab atas perilaku bawahannya di Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas atas kasus suap Rudi tersebut.

Selain itu, Jero Wacik adalah Ketua Pengawasan SKK Migas yang berada dibawah kekuasaan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Mustahil jika Jero Wacik tak mengetahui soal suap itu.

“Jero Wacik itu wajib bertanggung jawab, seharusnya dia itu mengundurkan diri,” kata Iberamsjah, Jum’at (16/8/2013) malam di Jakarta seperti dilasir inilah.

...Jero Wacik itu wajib bertanggung jawab, seharusnya dia itu mengundurkan diri...

Selain Jero Wacik, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga dinilai turut bertanggung jawab. Pasalnya, Rudi menjadi Kepala SKK Migas atas perintah Ketua Umum Partai Demokrat itu.

“SBY juga harus bertanggung jawab. Karena yang memilih Rudi itu kan SBY,” tegasnya.

Hal ini berdasarkan penggeledahan KPK di ruangan Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karyo menemukan uang pecahan sebesar 200 ribu dolar AS. Menurut sumber inilah.com, peggeledahan itu didasarkan pada pengakuan Rudi saat diperiksa KPK.

Namun menurut sumber itu, uang tersebut bukan untuk Sekjen ESDM, melainkan titipan untuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik yang juga sebagai Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat.

...SBY juga harus bertanggung jawab. Karena yang memilih Rudi itu kan SBY...

“Rudi diperiksa KPK dan akhirnya mau buka mulut mengenai suap di SKK Migas. Dari pengakuan itulah terungkap bahwa uang tersebut ternyata untuk Jero Wacik,” ungkap sumber tersebut.

Namun, tudingan itu telah dibantah oleh Jero Wacik. Jero Wacik mengaku tidak pernah memerintahkan anak buahnya untuk meminta uang kepada Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

“Saya tidak pernah memerintahkan jajaran saya untuk berbuat curang,” ujar Jero di Gedung DPR, Jakarta, Jum’at (16/8/2013).

Seperti diberitakan www.voa-islam.com sebelumnya, Ketua Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini ditangkap KPK, Selasa (13/8/2013) malam terkait kasus suap di SKK Migas.

...Rudi diperiksa KPK dan akhirnya mau buka mulut mengenai suap di SKK Migas. Dari pengakuan itulah terungkap bahwa uang tersebut ternyata untuk Jero Wacik...

Rudi sebagai pihak yang menerima suap ditangkap KPK di rumahnya di jalan Brawijaya No. 8 Jakarta. Selain Rudi, KPK juga menangkap Direktur Kernel Oil, Simon Tanjaya dan Devi Ardi selaku pemberi suap.

Simon Tanjaya dari pihak swasta Kernel Oil memberikan dana kepada pelaku berinisial asli D Devi Ardi pada Selasa sore sekitar pukul 16.00 WIB di sebuah tempat di City Plaza Jalan Gatot Subroto Jakarta.

Menurut keterangan KPK saat menjelaskan kronologi penangkapan Ketua SKK Migas yang merupakan anak buah Jero Wacik dan SBY itu, saat Rudi disergap KPK turut diamankan pula dana sebesar 400 ribu dolar AS sebagai uang suap dan sebuah ‘moge’ BMW. [Khal-fah/dbs]


latestnews

View Full Version