View Full Version
Rabu, 21 Aug 2013

Sipil atau Militer Bakal Presiden Demokrat Nanti?

Jakarta (voa-islam.com) Siapa yang bakal menjadi calon presiden Partai Demokrat dalam pemilihan presiden 2014 nanti? Sejumlah tokoh sudah masuk dalam daftar calon yang akan ikut dalam konvensi. Apakah tokoh yang dipilih nanti dari kalangan  sipil atau militer?

Sementara itu, Komite Konvensi Partai Demokrat menggodok nama-nama calon peserta konvensi calon presiden partai itu. Sejauh ini, beredar sejumlah nama yang sudah dihubungi Majelis Tinggi Partai Demokrat

Kesebelas nama tokoh ini akan diseleksi lagi oleh Komite Konvensi, mengingat pengambil keputusan final soal siapa saja yang bakal diundang ada di tangan Komite itu.

Berikut ini nama-nama mereka:

1. Marzuki Alie, Ketua DPR;
2. Irman Gusman, Ketua DPD;
3. Hayono Isman, anggota DPR;
4. Mahfud Md., mantan Ketua MK;
5. Pramono Edhie Wibowo, mantan Kepala Staf TNI AD;
6. Dahlan Iskan, Menteri BUMN;
7. Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan;
8. Sinyo Hari Sarundajang, Gubernur Sulawesi Utara;
9. Soekarwo, Gubernur Jawa Timur;
10. Isran Noor, Bupati Kutai Timur; dan
11. Anies Baswedan, akademisi.

Seperti Gita yang sudah merasa siap, misalnya Gita sudah membentuk tim sukarelawan sendiri yang diberi nama 'Gita', kependekan dari Gerakan Cinta Tanah Air.

Dahlan Iskan merasa lebih 'pd' (percaya diri), karena dirinya mendapatkan restu dari SBY, juga ratingnya terus naik dalam berbagai survey, mengalahkan calon lainnya. 

Dalam pertemuan dengan KB PII (Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia), saat berlangsung halal bi halal di rumahnya, Widya Chandra, Ahad (18/8),  bahkan seorang ulama dari Jember yang hadir, mengatakan, dia telah menelpon Maftuh Basuni, dan mengatakan 'Dahlan Iskan' tokoh yang paling bagus (the best), ujarnya, dan kemudian mendapatkan tepuk tangan riuh dari KB PII.

Dahlan Iskan juga dikabarkan tengah bersiap dengan sukarelawan sendiri yang bernama 'DI', kependekan dari "Demi Indonesia'.

Calon lain seperti mantan KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo sudah bersafari keliling Nusantara bersama pengurus Demokrat. Sementara itu, mantan Panglima TNI, Jenderal Indiarto Sutarto, yang sebelumnya sudah mendapatkan restu dari SBY, tiba-tiba mengundurkan diri, karena tersinggung oleh ucapan Sutan Batugoena.

Siapa yang bakal keluar nama bakal calon presiden Partai Demokrat nanti? Sipil atau militer? Adakah konvensi Partai Demokrat akan memilih mantan KSAD Jenderal Edhie Wibowo yang merupakan ipar dari SBY? Mungkin. Karena SBY memerlukan pelindung, pasca dia lengser dari jabatannya, tahun 2014 nanti. msh/dsb


latestnews

View Full Version