View Full Version
Jum'at, 16 May 2014

Menko Ekuin Chairul Tanjung Memiliki Kekayaan Rp 32,3 Triliun

JAKARTA (voa-islam.com) - Majalah Forbes merilis daftar orang paling kaya di dunia tahun ini. Forbes memasukan 25 nama orang Indonesia dalam daftar yang mempublikasikan 1426 nama, itu berarti jumlah orang Indonesia yang masuk dalam daftar terkaya versi Forbes meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 17 orang.

Dua bersaudara pemilik Grup Djarum, yaitu Budi Hartono dan Michael Hartono menempati urutan teratas, orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai 16,7 milliar dolar AS atau sekitar Rp 158 Trilliun. Jumlah kekayaan dua bersaudara ini naik dari tahun lalu yang 14 milliar dolar AS atau sekitar Rp 133 Trilliun.

Budi Hartono dan Michael Hartono, merupakan 'taipan' Cina yang membeli Bank BCA, ketika Megawati berkuasa, dan dijual oleh Mega hanya Rp 5 triliun, padahal total assetnya Rp 60 triliun

Sedangkan konglomerat Chairul Tanjung Corporation yaitu Chairul Tanjung. Pria yang akrab disapa CT ini diperkirakan memiliki kekayaan sebesar 3,4 milliar dolar AS atau sekitar Rp 32,3 triliun. Jumlah kekayaan CT naik tajam jika dibandingkan tahun lalu yang berkisar diantara 2,1 milliar dolar AS itu artinya kekayaan yang dia miliki naik tajam sekitar Rp 12,3 triliun dalam kurun satu tahun.

Dalam tiga tahun terakir ini kekayaan yang dimilki Chairul Tanjung terus mengalami kenaikan, menurut Forbes pada tahun 2011 dia ada diperingkat 11 dengan kekayaan sekitar 1,3 milliar dolar AS kemudian pada tahun 2012 kekayaannya menjadi 1,2 milliar dolar AS dan menempatkannya di posisi ke 5.

Pria berusia 50 tahun ini mendapatkan kekayaannya dari media holding seperti Trans TV dan Trans7 serta kepemilikan saham di bank Mega.

Sekarang Chairul Tanjung menduduki posisi yang sangat stratregis diangkat oleh Presiden SBY, sebagai Menko Ekuin, menggatikan Hatta Rajasa. Akankah dalam waktu yang sangat singkat ini, Chairul Tanjung bisa bekerja optimal memperbaiki posisi ekonomi Indonesia, di tengah situasi politik yang terus bergejolak? (afgh/dbs/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version