View Full Version
Ahad, 01 Jun 2014

Prabowo-Hatta Nomor 1, Jokowi-JK Nomor 2

JAKARTA (voa-islam.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan angka 1 menjadi nomor urut bagi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapat nomor urut 2.

Pengambilan nomor dilakukan setelah sebelumnya para calon wakil presiden mengambil nomor undian untuk mengambil nomor urut. Jusuf Kalla mendapat angka 8, sedangkan Hatta mendapat angka 4. Sesuai aturan yang ditetapkan KPU, bagi kubu cawapres yang mendapat angka lebih besar mendapat kesempatan pertama mengambil nomor urut. Karenanya Jokowi mendapat kesempatan pertama, sedangkan Prabowo kedua.

Selanjutnya Jokowi yang mendapat kesempatan pertama mengambil nomor urut mendahuluinya dengan berdoa selama beberapa detik, untuk kemudian mengambil nomor urut di dalam kemasan berbentuk tabung bernatik yang doletakkan di kotak kaca. Selanjutnya Prabowo mengikuti Jokowi mengambil nomor urut.

Setelah itu baru kedua capres membuka nomor itu berdasarkan hitungan dari Ketua KPU, Husni Kamil Manik yang memandu acara pengambilan nomor. Akhirnya, Prabowo menunjukkan nomor urut 1 dan Jokowi memperlihatkan nomor urut 2.  

Pembukaan nomor urut itu langsung disambut sorak sorai dari dua kubu pendukung di dalam maupun di luar gedung KPU terdengar riuh. Prabowo dan Hatta langsung mengacungkan telunjuk sebagai simbol nomor 1, sedangkan Jokowi dan JK menunjukkan lambang 'victory' dengan jari mereka sebagai seimbol nomor 2.

Selanjutnya KPU menetapkan nomor urut kedua pasang calon. Nomor itu pula yang nantinya akan tertera dalam surat suara pilpres 9 Juli nanti.

Akankah 'perang badar' akan memanas? wallahu'alam [jp/dbs/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version