View Full Version
Jum'at, 27 Jun 2014

Pesantren Al Mukmin Ngruki, An Nur Solo & Isy Karima Awali Puasa Ahad, 29 Juni 2014

SOLO (voa-islam.com) - Jutaan umat Islam gelisah menanti hasil sidang istbat pemerintah pada malam ini, meskipun sebagian umat islam lebih sabar menanti hasil sidang istbat setiap ormas islam masing masing.

Alhamdulillah tahun 2014 ini banyak umat Islam dan ormas Islam Indonesia merayakan shaum Ramadhan secara bersama dan serempak. Sebelumnya Kementerian Agama, FPI dan PKS menyatakan shaum Ramadhan jatuh pada hari Ahad, 29 Juni 2014.

Tak hanya itu, ormas Wihdatul Islamiah, MMI, NU pun menetukan awal Ramadhan tepat hari Ahad 29 Juni 2014.

Menurut penelusuran Voa-islam di lokasi Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, Jawa Tengah juga akan mengawali puasa hari Ahad, 29 Juni 2014.

Malam ini masuk informasi ke meja redaksi kami, sms dari Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo menetukan jatuhnya awal Ramadhan juga pada hari Ahad 29 Juni besok.

Bukan hanya Mahad Ngruki saja, PonPes Modern Assalam, Ponpes Darus Syahadah dan Mahad Aly An Nur serta Mahad Isykarima Karang Anyar juga menetapkan pada hari Ahad besok

Bukan hanya Mahad Ngruki saja, PonPes Modern Assalam, Ponpes Darus Syahadah dan Mahad Aly An Nur serta Mahad Isykarima Karang Anyar juga menetapkan pada hari Ahad besok.

Berikut keputusan resmi dari mahad aly AnNur Solo.

Keputusan ini sebagaimana dirilis di situs AnNursolo.com.

بسم الله الرحمن الرحيم الْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

Mudir Ma’had ‘Aly an-Nuur Waru Baki Sukoharjo menyatakan:

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad saw,

“Bershiyamlah karena melihat hilal dan berbukalah karena melihatnya.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra.)

Mengingat ijtimak yang terjadi pada pukul 15:10:20 WIB dan waktu Maghrib Sukoharjo pada 29 Sya’ban 1435 H jatuh pada pukul 17:34 sehingga umur bulan baru 2 jam 24 menit; umur yang hilal tidak mungkin dapat dilihat menurut kesepakatan para pakar astronomi.

Berdasarkan informasi dari sebagian kaum muslimin yang telah melaksanakan ru`yatul hilal di berbagai daerah, bahwa mereka tidak berhasil melihat hilal.

Memutuskan bahwa bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari dan bulan Ramadhan 1435 Hijriah jatuh pada hari Ahad bertepatan dengan tanggal 29 Juni 2014.

Ditetapkan pada pukul 18.20 wib di Sukoharjo, 30 Sya’ban 1435 H.

KH. Imtihan asy-Syafi’i Mudir Ma’had Aly an-Nuur

Demikian keputusan sejumlah ponpes di Surakarta dan sekitarnya. [Protonema/adivammar/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version