View Full Version
Rabu, 01 Jun 2016

Astaghfirullah! Banyak Muslim di Cigugur Kuningan Ikut dan Dukung Ritual Sunda Wiwitan

kUNINGAN (voa-islam.com)--Di Cigugur Kuningan, Jawa Barat terdapat banyak penganut Sunda Wiwitan. Bahkan mereka merangkul umat Islam untuk mensukseskan kegiatan-kegiatan.

Menurut salah satu pengurus Kantor Urusan Agama (KUA), Gigugur Kuningan, Johana, banyak umat Islam tidak mengetahui bahwa mereka sedang disasar penganut Sunda Wiwitan. Dalam sebuah acara perayaan Sunda Wiwitan yang disebut dengan perayaan Seren Tahun, banyak umat Islam yang mendukung dan ikut membantu perayaannya.

“Bahkan orang Islam sendiri bantuin acara Paseban. Ikut pawai. Saya pernah tanya 'Pak ini lagi apa? Dia menjawab lagi bantuin aja',” kata Johana kepada Voa-Islam belum lama ini.

Selain itu para penganut Sunda Wiwitan yang mengkampanyekan ajarannya lewat budaya sudah terang-terangan memakai identitas mereka sebagai Sunda Wiwitan, seperti memakai iket (ikat kepala khas sunda) di berbagai acara.

“Sudah biasa pakai iket. Saya pernah datang di sebuah acara dan mereka biasa pakai iket,” ujar Johana.* [Sendia/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version