View Full Version
Jum'at, 17 Feb 2017

Haedar Nashir: Aksi Bela Islam Bukan Digerakkan oleh Kelompok Islam Garis Keras

 

JAKARTA (voa-islam.com)--Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menerima kunjungan 23 Duta Besar Uni Eropa di kantornya pada Selasa sore, 14 Februari 2017. Haedar mengatakan para duta besar tersebut ingin mengetahui perkembangan situasi Indonesia terkini dan perkembangan umat Islam di Indonesia.

”Berkembang opini, di Indonesia itu sekarang yang muncul fenomena Islam garis keras,” tutur Haedar di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Haedar mengatakan ada kekhawatiran kelompok Islam moderat di Indonesia tidak mengambil peran. “Kami sampaikan itu asumsi yang keliru,” ujar Haedar.

Haedar menjelaskan kepada para duta besar tersebut bahwa serentetan aksi bela Islam yang terjadi di Jakarta tidak dilakukan oleh kelompok Islam garis keras. Menurut dia, jika aksi tersebut dilakukan kelompok garis keras, tentu akan terjadi kerusuhan. 

Haedar juga menjelaskan bagaimana peran Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Majelis Ulama Indonesia untuk menjaga agar aksi tersebut berjalan damai dengan menemui presiden dan tokoh-tokoh lain.

”Kami sampaikan Insya Allah Islam di Indonesia adalah Islam yang moderat dan toleran,” kata Haedar.

Selain mendiskusikan perkembangan Islam di Indonesia, pertemuan tersebut membahas kerja sama antara Uni Eropa dan Muhammadiyah. * [Syaf/voa-islam.com]

Sumber: Tempo


latestnews

View Full Version