View Full Version
Selasa, 29 Aug 2017

Wisuda 1026 Santri TPQ, Insyaallah Jika Hafal Surat An-Naba Mudah Hafal Juz Amma

 

SOLO (voa-islam.com)--Program Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Tahfidz  mendapat respon posistif dari masyarakat. LKG TPQ Soloraya menggelar wisuda tahfidz Suat An Naba. Alhamdulillah, 1026 santri diwisuda di masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret (UNS), Ahad (27/8/2017).

Ketua LKG TPQ Soloraya, Abdul Wahab mengatakan acara tersbut mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Setidaknya wisuda tahfidz surat An-Naba diikuti lebih dari 1500 perserta. Para perserta rata rata usia Taman Kanak-Kanak (TK) hingga kelas enam Sekolah Dasar (SD).

"Padahal pihaknya hanya menargetkan seribu peserta. Tapi Alhamdulillah terlampaui," ujar Wahab.

Dari jumlah tersebut sebanyak 1026 santri TPQ dinyatakan hafal surat An Naba dan berhak diwisuda, sedang sekitar 300 santri belum bisa diwisuda karena belum hafal surat An-Naba. Para santri yang dinyatakan hafal kemudian diwisuda oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Surakarta, H. Prof. Dr. Zainal Arifin Adnan.

Wahab menambahkan, wisuda tahfidz sengaja menargetkan hafalan Surat An Naba yang merupakan surat terpanjang pada juz 30. Ia berasumsi jika santri TPQ berhasil menghafal surat an-Naba maka surat surat yang lain pada juz 30 akan mudah dihafal, lantaran ayatnya relatif lebih pendek.

"Saat ini rata-rata santri lulusan TPQ itu hanya hafal surat-suat annas sampai Adhuha, atau al Bayyinah. Maka untuk mensiasati kita tantang untuk hafal surat an Naba. Kalau an Naba saja hafal besar kemungkinan hafal surat surat pendek lainnya, maka kita targetkan denga program ini santri TPQ bisa hafal juz amma," pungkasnya. * [Aan/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version