View Full Version
Ahad, 15 Oct 2017

Turki Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Terhadap 100 Mantan Perwira Polisi

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk 100 mantan perwira polisi sebagai bagian dari tindakan pelarangan pemerintah menyusul kudeta tahun lalu.

Sejauh ini, 63 mantan perwira telah ditahan sesuai dengan surat perintah penangkapan, yang dikeluarkan pada hari Sabtu (14/10/2017) kantor berita Anadolu melaporkan.

Pasukan keamanan mencari tersangka di 19 provinsi di Turki, kata laporan tersebut.

Para tersangka diyakini menggunakan ByLock, sebuah aplikasi perpesanan terenkripsi yang menurut Ankara digunakan oleh jaringan Fethullah Gulen yang berbasis di AS, yang oleh pemerintah dituduh telah mengatur percobaan kudeta Juli 2016 terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan, sebuah tuduhan dengan keras dibantahnya.

Turki telah meminta AS untuk mengekstradisi Gulen, namun permintaan tersebut tidak diperhatikan.

Turki, yang tetap dalam keadaan darurat sejak kudeta tersebut, telah terlibat dalam penekanan terhadap media dan kelompok oposisi yang diduga telah berperan dalam kudeta yang gagal tersebut.

Pada hari Selasa, polisi Turki melancarkan operasi di tujuh provinsi untuk menangkap 70 personil militer terkait dugaan hubungan mereka dengan Gulen.

Turki telah menangguhkan atau memecat lebih dari 150.000 hakim, polisi, guru, dan pegawai negeri sipil dan telah menahan hampir 50.000 lainnya dalam upaya penuntasan pasca kudeta. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version