View Full Version
Kamis, 18 Jan 2024

Cara Mengisi Daya Baterei Ponsel Di Gaza: dibutuhkan kesabaran, sinar matahari membantu

GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Berkerumun di sekitar kabel-kabel dan kabel ekstensi yang dicolokkan ke stopkontak rumah sakit, para pengungsi Gaza mengejar tujuan penting namun sulit dicapai: mengisi daya baterei ponsel mereka, menurut laporan Reuters.

Di masa perang Gaza, telepon yang terisi daya hanyalah sebuah penyelamat. Ini berfungsi untuk memeriksa orang-orang terkasih setelah pemboman Israel, membantu mencari tahu di mana makanan dan air mungkin tersedia dan memberikan penerangan di tenda-tenda setelah kegelapan turun.

“Setiap hari kami datang ke sini selama tiga atau empat jam dan membuang waktu untuk mengisi daya baterei ponsel kami,” kata Mohammed Abu Skheta, yang melarikan diri bersama keluarganya, termasuk seorang bayi laki-laki, dari kamp pengungsi Al-Shati di Gaza utara ke tenda di Rafah, Gaza selatan.

Ini adalah mimpi untuk mengisi daya baterei hingga penuh. Itu sangat sulit. Anda dapat mengisinya hingga 50 atau 60 persen, paling banyak 70 persen, dia berkata.

Tempat pengisian daya di luar Rumah Sakit Emirat di Rafah populer karena gratis. Rumah sakit mengizinkan para pengungsi untuk menyambungkan kabel ke stopkontak, yang dialiri oleh panel surya atau generator, jika tersedia bahan bakar untuk itu.

Di tempat lain, beberapa rumah tangga atau usaha kecil yang memiliki panel surya memperbolehkan orang untuk mengisi daya, namun sering kali dengan biaya tertentu, yang tidak semua orang mampu membayarnya.

"Keadaan keuangan saya sulit, sehingga saya harus mencari alternatif seperti mengisi baterei ke rumah sakit atau toko, tanpa membayar uang" kata Abu Skheta.

Ponsel bukan satu-satunya perangkat yang membutuhkan pengisian daya secara teratur. Mohamad Abu Taha, seorang tukang cukur di Rafah, mengatakan dia mengandalkan panel surya di rumah keluarganya untuk mengisi ulang daya alat cukur listriknya di sela-sela pekerjaan.

“Hampir setiap potong rambut, saya menyuruh keponakan saya untuk mengisi daya pisau cukurnya. Saya harus memberi tahu pelanggan bahwa jika cuaca cerah saya bisa bekerja; kalau tidak, maka saya tidak bisa,” ujarnya.

Seorang penjahit di Rafah mengatasi kekurangan listrik dengan mengubah sepeda anak-anak yang dibongkar menjadi dinamo pedal untuk menggerakkan mesin jahitnya.

Tidak ada tempat untuk mengisi daya

Perang di Gaza dimulai ketika kelompok perlawanan Palestina Hamas menyerbu Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menculik 240 sandera, lebih dari 130 di antaranya masih ditawan, menurut penghitungan Israel.

Namun, Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, sejak itu telah membunuh sekitar 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh Perlawanan Palestina.

Bersumpah untuk menghancurkan Hamas, Israel membalasnya dengan pengepungan, pemboman dan invasi darat ke Gaza yang telah menewaskan lebih dari 24.000 warga Palestina, menurut pejabat kesehatan Gaza.

Sebagian besar penduduk mengungsi dan kekurangan makanan, air, listrik dan obat-obatan telah mengakibatkan bencana kemanusiaan, menurut PBB.

Mengisi daya ponsel telah menjadi salah satu tantangan kehidupan sehari-hari, sama menyita waktu dan membuat frustrasi seperti mencari roti atau air.

“Kami datang ke sini untuk mengisi daya, tetapi tidak ada tempat,” kata Mahmoud Marouf, yang merupakan pengungsi dari Jabalia di Gaza utara, dan membawa baterai serupa dengan yang ada di mobil ke tempat pengisian daya di Rumah Sakit Emirat.

Selain ponsel, orang-orang juga membawa baterai tersebut untuk diisi dayanya sehingga mereka dapat mengisi daya perangkat yang mereka perlukan di tenda mereka.

Relawan di rumah sakit mengatur rotasi yang memungkinkan orang untuk mengisi daya untuk jangka waktu tertentu. Sistem ini membantu menghindari ketegangan dengan memberikan akses terhadap soket listrik yang berharga kepada sebanyak mungkin orang, namun permintaan terlalu tinggi untuk memuaskan semua orang.

Marouf mengatakan dia perlu mengisi baterainya untuk menyalakan peralatan medis bagi anak-anaknya yang menderita penyakit pernafasan.

“Kami memberi mereka baterai yang besar dan datang untuk mengisi dayanya, karena rumah sakit penuh,” katanya.

Meskipun merasa bosan, mereka yang cukup beruntung mendapatkan tempat menunggu dengan sabar hingga ponsel mereka terisi daya sebanyak mungkin.

“Itu berlangsung selama satu hari, atau paling lama satu setengah hari, tidak lebih. Kami menggunakannya hanya untuk penerangan,” kata Mohammad Al-Shamali, pengungsi dari Kota Gaza.

“Panggilan dan telekomunikasi terputus sehingga kami tidak memiliki internet. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan penerangan, untuk melihat jalan yang kami lalui dan di dalam tenda tempat kami berada, tidak lebih dari itu.” (MeMo)


latestnews

View Full Version