View Full Version
Jum'at, 26 Mar 2010

Pusat HAM: Israel Siksa Tahanan

 

Gaza – Infopalestina: Pusat Advokasi Palestina untuk Tahanan menegaskan, pemerintah penjajah Israel menerapkan banyak model siksaan keras kepada tahanan Palestina dan Arab di penjara mereka. Siksaan itu menyebabkan mereka kehilangan kemanusiaan dan kehidupan layaknya anak Adam.

Dalam salinan pernyataan persnya hari ini Jumat (26/3) yang diterima oleh Infopalestina Pusat HAM menegaskan, dinas penjara Israel sengaja menggunakan model siksaan seperti melarang tahanan tidur sebagai sanksi untuk memaksa mereka, meski itu tidak akurat dan tidak valid.

Mengutip salah satu pengakuan tahanan yang sudah bebas, Pusat HAM menegaskan, model siksaan paling sering adalah melarang mereka tidur hingga kadang-kadang mencapai 100 jam non stop atau 4 hari non stop.

Sengaja Israel menggunakan model siksaan ini untuk memberikan tekanan jiwa keras terhadap tahanan sehingga mereka putus asa, resah, berkeringat terus menerus.

Pusat HAM menegaskan, model lain, sipir Israel menyiramkan air sangat dingin ke tubuh tahanan yang duduk di kursi sempit. Setiap tahanan hendak tidur karena mengantuk, sipir penjara Israel langsung menyiramkan air dingin itu ke tahanan tersebut. Ada lebih dari 15 tahanan mengalami siksaan seperti ini untuk tekanan.

Pusat HAM untuk Advokasi Tahanan ini meminta kepada lembaga dan organisasi peduli HAM untuk menekan Israel agar menghentikan penyiksaan seperti ini. (bn-bsyr)


latestnews

View Full Version