View Full Version
Kamis, 24 May 2012

Polling Jerman: Israel Negara Agresor

[ 24/05/2012 - 08:45 ]

Berlin – PIP: Sebuah polling yang dilakukan di majalah Shatiran intelijen Jerman menyebutkan, sebagian besar responden menganggap Israel sebagai Negara Agresor.

Polling tersebut bertentangan dengan sikap pemerintah Jerman selama ini yang selalu mendukung Negara Israel. Polling ini dilakukan sebelum adanya kunjungan calon presiden Jerman, "Joachim Gok," ke Isrtael dan Tepi Barat.

Berdasarkan polling ini, sebanyak 59 % responden menganggap Israel Negara Agresor, 10 % lebih besar disbanding polling bulan Januari 2009. Sebanyak 60 % lebih menganggap Jerman tidak mesti ada komitmen-komitmen khusus Jerman terhadap Israel.

Sebanyak 70 % dari responden mengatakan, Israel senantiasa berupaya mewujudkan kepentinganya tanpa mempertimbangkan kepentingan Negara lain. 11 % lebih banyak dari polling tiga tahun kemarin dalam soal yang sama.

Jajak pendapat ini juga muncul setelah terjadi perdebatan atas puisi Jerman yang dilantunkan seorang penyair senior yang isinya mengkritik Israel atas kebijakan-kebijakannya serta politik perluasan permukimannya di Tepi Barat.

Penulis Jerman Gunter Grass (84 tahun), telah memicu perdebatan sengit di awal April  kemarin, ketika diterbitkan di sebuah koran Jerman yang berisi kritikan Israel dan menuduhnya sebagai ancaman bagi perdamaian dunia. (asy)


latestnews

View Full Version