View Full Version
Senin, 19 Jan 2015

ICW: Jokowi Terancam Kehilangan Banyak Dukungan

JAKARTA (voa-islam.com) - Jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap ngotot melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Budi Gunawan, maka diperkirakan dia akan kehilangan banyak dukungan. Pasalnya, Budi Gunawan sudah ditetapkan tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi.

"Jika Jokowi tetap memaksa melantik Budi Gunawan sebagi Kapolri, dia (Jokowi) pasti akan kehilangan banyak dukungan masyarakat sipil yang sudah ragu untuk mendukung pemerintah atau tidak," kata Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho saat menggelar aksi simpatik "Pilih Kapolri Bersih" di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (18/1).

Menurutnya, jika Jokowi tetap melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri, maka sikap itu jelas tidak mendukung upaya pemberantasan korupsi. "Jangan bicara program-program anti korupsi kalau pemerintahnya tidak bisa memberantas korupsi," kata Emerson.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memutuskan untuk menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Jokowi bukan membatalkan penunjukan Budi Gunawan sebagai Kapolri. Hal itu disampaikan oleh Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/1) malam.

Namun, Jokowi menyatakan jabatan Kapolri tidak lagi dipegang oleh Jenderal Pol Sutarman. Sebagai gantinya, Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Pol Badrodin Haiti akan melaksanakan tugas, wewenang, dan tanggung jawab Kapolri. [robiawan/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version