View Full Version
Ahad, 15 Feb 2015

Nasib Proton Dinilai Akan Sama Dengan Timor

JAKARTA (voa-islam.com) - Nasib mobil Proton buatan Malaysia diprediksi akan sama dengan mobil Timor buatan Korea Selatan, jika nanti dijadikan sebagai mobil nasional (Mobnas) oleh Presiden Jokowi.

Menurut pengamat transportasi, Darmaningtyas, seandainya Proton akan menyasar pangsa pasar Indonesia, belum tentu akan menguntungkan, lantaran belum ada bukti pasaran mobil Proton di Indonesia cukup prospektif.

"Sudah terbukti Taxi yang memakai mobil Proton tidak bisa berkembang dan harga jualnya juga rendah, sehingga kurang menarik bagi orang Indonesia," ujar mantan aktivis mahasiswa Yogyakarta era 1980-an tersebut.

Menurutnya, hal yang sama juga pernah dialami oleh produksi mobil buatan dalam negeri. Sebelumnya di era Orde baru dulu, produsen mobil dalam negeri belum mampu meraup untung di negaranya sendiri.

"Kami juga sudah punya pengalaman beberapa kali, seperti misalnya mobil Timor dulu juga kurang peminat, meskipun dijual dengan harga murah. Motor buatan China juga sempat melambung di awal tahun 2000, karena harganya kompetitif, tapi karena kualitasnya jelek dan harga purna jualnya juga rendah, akhirnya menghilang begitu saja," tegasnya. [Abul Halim/Voa-Islam.Com/dbs]

image: viva


latestnews

View Full Version