View Full Version
Selasa, 13 Oct 2015

Komnas HAM Terkejut Apa yang Terjadi di Aceh, Ada yang Bermain?

JAKARTA (voa-islam.com)- Komnas HAM merasa terkejut dengan apa yang terjadi di Singkil, Aceh. Komnas HAM menilai apa yang terjadi di Aceh merupakan hal yang tidak semestinya terjadi, karena Serambi Mekkah tersebut dikenal memiliki toleransi yang tinggi.

“Komnas HAM RI mengutuk keras terjadinya bentrokan yang mengakibatkan pembakaran rumah ibadah di Aceh Singkil, Aceh. Ini merupakan peristiwa intoleransi yang jarang terdengar terjadi di Aceh,” kata Maneger Nasution Komisioner Komnas HAM RI melalui rilis yang diterima wartawan voa-islam.com malam ini (13/10/2015).

Komnas HAM juga melihat apa yang terjadi di Aceh merupakan peristiwa yang pertama terjadi. “Sependek pengetahuan saya, kasus intoleransi seperti ini jarang sekali terjadi, kira saya ini baru yang pertama kali terjadi di daerah Aceh.”

Negara, utamanya penegak hukum harus mengusut kasus bentrokan tersebut secara profesional, mandiri dan tuntas serta menghukum siapa pun pelakunya sesuai hukum yang berlaku.

Selain itu Komnas HAM pun meminta umat beragama kembali bersatu. Warga dan segenap lembaga juga diminta untuk melakukan koordinasi agar keadaan kondusif kembali.

Untuk menjaga kedamaian di Aceh, umat beragama harus bersatu. Masyarakat Aceh juga harus  berkomunikasi, berkoordinasi dan membangun dialog agar tidak mudah di adu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Komnas HAM RI mendorong para pihak untuk kembali ke meja perundingan damai seperti yang sudah dimediasi oleh Komnas HAM. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version