View Full Version
Kamis, 04 Feb 2016

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Buat Pemerintah Lupa NTT, NTB, dan Papua

JAKARTA (voa-islam.com)- Bila bicara maritim seharusnya pemerintah memberikan fokusnya pada daerah-daerah yang dinilai masih sangat jauh dari pembangunan. Misalnya saja daerah Indonesia yang terletak di Timur. Dengan begitu kata “terbelakang” dari daerah Timur tidak ada lagi didengar oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

Berikut pandangan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang diterima voa-islam.com dalam akun media sosial miliknya, di saat menjadi Keynote Speech pada Acara Diskusi Publik “Stop Rencana Pembangunan KA Cepat Jakarta” beberapa waktu lalu, di Gedung DPR RI.

“….Kedua, kalau kita berbicara maritim indonesia, maka fokus misi kerjanya harus ke Indonesia timur, termasuk NTB, NTT sampai ke Papua. Karena ini daerah terbelakang, melaksanakan pembangunan maritim Indonesia berarti melaksanakan pembangunan Indonesia timur dan daerah terbelakang.

Dari segi ekonomi, kultur dan kesatuan bangsa, maritim Indonesia adalah satu konsep yang menjadi kebanggaan, bukan saja kita-kita yang masih hidup tapi pahlawan-pahlawan kita yang sudah gugur, dari Gajah Mada sampai Sukarno dan bahkan Suharto. Jadi kalau pemerintah mau membangun tol laut, pelabuhan-pelabuhan, industri-industri perikanan dan rumput laut (suatu industri yang popular dan maju di lombok), saya bukan saja mendukung tapi terpukau dengan bayangan akan hasil-hasilnya.

Tiba-tiba, pemerintah mau bangun high speed train. Pada saat yang sama, dalam tahun ini hampir tiap bulan, kadang-kadang tiap minggu, kereta api kita (sisa warisan 350 tahun belanda) terguling, jatuh, saling tabrak, atau menabrak bus dan sarana transportasi lain.

Bukankan ini adalah masalah perhubungan darat yang lebih penting untuk diurai dan diselesaikan? Seharusnya kita tak perlu sedih dan kecewa sedih atau kecewa atas mega proyek yang kapitalistis ini. Ratusan Negara di dunia tidak ada high speed train yang melintasi kota-kotanya….” (RobigustaS/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version