View Full Version
Jum'at, 19 Feb 2016

Gempa Ekonomi Global: Kapitalis SDA versus Kapitalis Tekonologi

JAKARTA (voa-islam.com)- Kejatuhan Barat, atau kejatuhan trah lainnya sebetulnya menunggu waktu yang tepat. Berbagai tekanan yang datang dari luar ataupun dalam merupakan bagian dari yang tidak terpisahkan untuk melegalkan keinginan kotor pemuja setan dan pembenci kedamaian.

Pun termasuk ekonomi, Barat dan tran lainnya akan melakukan edukasi untuk meyakinkan bahwa sistem “mereka” adalah terbaik untuk atasi krisis yang ada. Berikut ulasan lanjutan dari aktivis atau pemerhati politik-ekonomi, Haris Rusly dari Petisi 28 di dalam percaturan super ketat.

“….Sebelumnya, ambisi unifikasi dan integrasi dunia telah berhasil dilakukan oleh kapitalisme barat dengan konsep One Goverment One System, yaitu cita-cita mewujudkan dunia dalam satu pemerintahan dan satu sistem dunia, yaitu sistem ekonomi liberalisme dan demokrasi liberal, dengan sebuah pemerintahan yang dikendalikan melalui IMF, WB, WTO dan PBB.

Kedua, patahan sejarah ke depan, meminjam pandangan Burhan Rosyidi (pemerhati masalah sosial dan spiritual), bisa juga disebabkan oleh terjadinya gesekan antara dua rezim di dalam tubuh kapitalisme, yaitu gesekan antara rezim kapitalisme SDA berhadapan dengan rezim kapitalisme teknologi.

Saat ini memang sedang terjadi pergeseran kekuatan dan kekuasaan, dari kekuasaan rezim kapitalisme sumber daya alam kepada rezim kapitalisme teknologi. Sekian abad lamanya, rezim kapitalisme sumber daya alam yang berwujud kolonialisme dan imperialisme, dalam bentuk yang lama maupun dalam wujud yang baru, telah mengusai dan menjajah dunia.

‘Ketergantungan pada sumberdaya alam yang disertai terbatasnya penemuan teknologi eksplorasi energi telah mengubah dunia menjadi lautan penjajahan, penindasan dan perbudakaan. Asia, Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah telah menjadi lautan darah dan air mata justru karena dianugerahi sumber daya alam yang melimpah’….” (RobigustaS/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version