View Full Version
Senin, 30 May 2016

Semakin Berkembang, Paseban Tempat Ibadah Sunda Wiwitan Berdiri di Kuningan

KUNINGAN (voa-islam.com)--Selain di Kota Bekasi, penganut Sunda Wiwitan juga banyak terdapat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 

Kuningan dikenal dengan budaya Sunda yang kental dan di sebagian daerah sudah dibangun tempat ibadah bagi penganut Sunda Wiwitan yang disebut dengan Paseban. (Baca juga: Banyaknya Penganut Sunda Wiwitan Harus Jadi Fokus Ulama Bekasi).

Perkembangan Sunda Wiwitan di Kuningan diungkap pengurus KUA setempat, Johana. Bahkan menurut pengakuan Johana, beliau merasa kesulitan dalam pendataan pernikahan ketika dalam satu keluarga terdapat berbagai macam agama termasuk penganut Sunda Wiwitan yang dari dulu mengosongkan kolom agamanya.

“Saya pernah tanya, ini bapak agamanya apa? Dia menjawab ‘Saya mah dari Paseban’ (Sunda Wiwitan),” kata dia kepada Voa-Islam baru-baru ini.

Johana menuturkan bahwa para penganut Sunda Wiwitan bukanlah penganut agama Islam. Sehingga banyak masalah administrasi dinilai sulit bagi penganut Sunda Wiwitan.

“Kolom agama distrip (dikosongkan), bukan agama Islam. Agak sulit mendata perorangan,” tutur dia.

Johana memnyebutkan bahwa kosongnya kolom agama KTP para penganut Sunda Wiwitan sudah terjadi sejak dulu. Hal ini dikarenakan Sunda Wiwitan tidak bisa masuk ke dalam salah satu agama yang diakui di Indonesia.

“Dari dulu dikosongkan. Karena merasa tidak diakui negara,” jelas Johana.* [Sendia/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version