View Full Version
Rabu, 20 Jul 2016

Pemprov DKI Ajukan Banding Atas Kemenangan Gugutan Reklamasi, KNTI: Kami Tetap Melawan!

JAKARTA (voa-islam.com)- Komite Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) tetap akan melawan rencana Pemprov DKI soal reklamasi. Hal ini ditandai dengan banyaknya gugatan yang dilakukannya. Pun termasuk Pemprov yang lakukan banding, KNTI tidak akan pernah mundur untuk menolak reklamasi.

“Kami tetap melawan proyek-proyek reklamasi. Kami sudah bersama nelayan. Kami juga telah gugat. Dan Alhamdulillah menang. Dan kali saat ini Pemprov lakukan banding, kami juga tetap melawannya,” ucap Martin H, perwakilan dari KNTI, Selasa (19/07/2016), di Jakarta.

Baginya dan nelayan sekitar, laut adalah nafkah. Mereka, saat ada isu dan proyek reklamasi nelayan sekarang menurutnya sudah jauh lebih buruk penghasilaannya. Belum lagi menurutnya, jika nelayan hilang pekerjaan, maka hilang pula wilayah kehidupan yang sudah dilakukan sejak turun menurun itu.

“Bicara pesisir, itu adalah nafkah untuk keluarga nelayan. Juga sebagai perputaran roda ekonomi. Dan itu adalah ‘sawah serta ladangnyaa’ para nelayan. Jika itu diambil, maka kehidupan mereka habis selama turun menurun. Karena masalah nelayan adalah masalah kehidupan juga,” katany.

Pun dengan penggusuran, itu juga menurutnya adalah perampasan hak-hak  kehidupan nelayan. “Karenaa itu kami tetap melakukan perlawanan terhadap proyek reklamasi tersebut,” sambungnya.

Padahal, jika saja Pemprov mau berpikir ke depan, nelayan itu dapat pula dijadikan salah satu solusi untuk menghadapi ketimpangaan yang sedang dihadapi oleh Jakarta. “Karena Jakarta saat ini memiliki catatan ekonomi terburuk di Indonesia. Dan karena akan menjadi subjek yang dirampas,” tutupnya. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version