View Full Version
Senin, 01 Aug 2016

Paska Krisis Moneter hingga Saat Ini Sektor Industri Tidak Mengalami Hal Positif

JAKARTA (voa-islam.com)- Peneliti Institute for Development of Ekonomic and Finance (INDEF), Eko Listyanto menyatakan bahwa sejak paska reformasi hingga saat ini kondisi krisis ekonomi Indonesia belum dirasakan pulih, khususnya pada bidang industri.

"Era krisis moneter hingga saat ini industri kita belum juga kembali. Justru yang terjadi adalah industrialisasi," sampainya, Senin (1/08/2016), di Jakarta.

Menurutnya hal itu adalah yang paling mesti diperhatikan. Karena itu, ia menghimbau kepada pemerintah untuk menanganinya. "Salah satu yang paling urgent itu saat ini bagaimana kita menggeliatkan kembali sektor ekonomi," sambungnya.

Sebagai contoh langkah konkritnya adalah Kementerian terkait harus mampu mendorong agar harga pangan di Indonesia dijaga stabil.

Jika hal demikian tidak dapat dilakukan oleh Kementerian terkait, maka di kemudian hari hal yang tidak dapat dihindari ialah pertumbuhan ekonomi yang akan mengalami stagnan. "Kredit macet pun tetap tidak dapat dihentikan. Pertumbuhan yang akan kena. Yakni akan rendah. Dan akan kena pula adalah soal tren kredit," tambahnya.

Pun dengan dengan aktivitas perbankan yang menurutnya tidak cukup menjadi penggerak banking. "Aktivitas perbankan tidak berada di rezim banking. Namun, ada momentum rupiah yang cukup stabil," tutupnya. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version