View Full Version
Kamis, 15 Sep 2016

Iwel Sastra: Ulama Terjun ke Politik Bukan Politisasi Agama

JAKARTA (voa-islam.com)—Presenter Iwel Sastra menilai sikap para ulama yang mau mengawal proses politik di Jakarta adalah tindakan yang baik.

"Ulama turun ke politik itu positif, karena selama ini ulama kan hanya dianggap ngomong saja di mimbar. Nah, saat ini ulama menampik anggapan itu dengan turun mengawal soal kepemimpinan," kata Iwel yang juga Ketua Badan Pekerja Majelis Pelayan Jakarta (MPJ) seusai Muzakarah Ulama dan Nasional di Hotel Sahid Jaya, Rabu (14/9/2016).

Tindakan ulama terjun dalam kancah perjuangan politik, menurut Iwel, bukan kali ini saja. Bahkan, sudah dilakukan ulama sebelum Indonesia merdeka.

"Para ulama dulu juga terjun dalam perjuangan kemerdekaan," ucap dia.

Terlebih, lanjutnya, saat ini umat Islam sedang membutuhkan pencerahan politik dalam perspektif agama. "Saat ini memang mendesak bagi para ulama untuk mengedukasi politik," tegas Iwel.

Iwel juga tidak sependapat dengan tudingan bahwa terjunnya ulama dalam mengawal proses politik di Jakarta sebagai politisasi agama. Dia berpendapat, bahwa pencerahan agama dalam dunia politik tidak serta merta dimaknai sebagai bentuk politisasi.

"Orang memaknai apapun sah-sah saja, apalagi pihak yang tidak suka, menuduh politisasi agama wajar saja. Tapi, dalam sejarah para ulama terjun ke perjuangan kemerdekaan tidak pernah dicap sebagai politisasi agama," tandas Iwel yang juga komedian ini.* [Bilal/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version