View Full Version
Rabu, 21 Dec 2016

Benarkah Indonesia Masih Bertahan karena Hal Ini?

JAKARTA (voa-islam.com)- Indonesia diklaim masih bertahan hingga saat ini karena di antaranya mempunyai sistem yang tidak dimiliki negara lainnya, yakni salah satunya adalah empat pilar.

"Karena empat pilar inilah bangsa kita tetap berdiri. Ini telah berjalan sejak tahun 1945," kata Kapolri, Tito Karnavian, Senin (19/12/2016), di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta.

Empat Pilar itu menurut Tito juga telah memberikan solusi terbaik terkait sejarah masa lalu. Ia mencontohkan misalnya Indonesia memilih tidak memihak kepada masing-masing negara saat itu.

"Saat konteks perang dingin, ada blok Barat dengan sistem liberalnya dan blok Timur dengan komunisme," tambahnya.

Tito juga menyebut bahwa Indonesia sejatinya tetaplah negara yang berdiri sendiri tanpa kawan negara lain. Hal ini tidak seperti negara lain, misalnya negara-negara di Asia Tenggara.

Bahkan saat Indonesia duduk di Badan PBB, Indonesia menurut Tito merasa sendirian. Sedangkan negara lain ada yang beraliansi.

"Negara sahabat itu juga bukan kawan kita. Pun negara Islam. Di PBB saja, jika Indonesia duduk merasa sendiri. Kalau yang lain beraliansi dengan negara-negara lain," tutupnya. (Robi/voa-islam.com)

 


latestnews

View Full Version