View Full Version
Ahad, 12 Jul 2009

Berjalan dengan 600.000 Helai Rambut

Tahukah kawan-kawan, mengapa laba-laba bisa merayap ditembok layaknya cicak dan semut?

Jawabnya gampang-gampang susah sih. Mau tau kenapa laba-laba bisa merayap?

Di Jerman, para peneliti biomekanika di Institute for Technical Zoology and Bionics, yang terletak di Bremen menjawab teka-teki ini. Mereka meneliti kaki seekor laba-laba pelompat berukuran kecil (Evarcha Arcuata), dan ternyata laba-laba memiliki serangkaian rambut-rambut panjang (setae) dibawah telapak kaki laba-laba. Dan yang lebih mengejutkan, permukaan ujung bawah atau bagian telapak dari masing-masing rambut ini tertutupi oleh rambut-rambut yang lebih kecil lagi (setule) dengan ujung berbentuk segitiga.

Pada penelitian ini ditemukan bahwa seekor laba-laba yang bergantung pada langit-langit dengan penempelan 600.000 setule menghasilkan gaya tarik-menarik yang mampu menahan 173 kali bobot badannya sendiri!!! Subhanallah...

Laba-laba tersebut menempel pada permukaan melalui gaya-gaya Van Der Walls, yaitu gaya tarik-menarik elektrostatik antarmplekul yang terpisah pada jarak 1/1.000.000 milimeter!!!!

Sungguh sebuah mekanisme yang menakjubkan dari seekor mahluk Alloh yang kecil bernama laba-laba. Tak mungkin hal ini terjadi tanpa izin Alloh. Tak mungkin mekanisme  cerdas itu timbul atas kehendak laba-laba dan tentu itu ada karena Alloh azza wa jala yang menciptakan, Masya Alloh

Kawan-kawan muda VOA, tahukah kalian Kalam Allah pada surat An Nuur ayat 24 dan 25 ? Simak ya.. "Dan Alloh telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan diatas perutnya dan sebagian yang lain berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kakinya. Alloh menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Rojul/voa-islam.com)

Sumber : Ar Risalah, Juli 2009


 


latestnews

View Full Version