View Full Version
Jum'at, 04 Sep 2009

Menikmati Waktu Bersahur

Buat sebagian orang yang belum tahu manfaat sahur emang berat banget ngejalaninnya.. apalagi tidurnya mendekati waktu sahur, walhasil mata berat banget buat melek, badan juga terasa berat buat bangun, tapi.. insyaAllah setelah membaca ini.. kita jadi sedikit termotivasi untuk bersemangat dalam bersahur.

Galz.. tau gak seeh? Ternyata waktu sahur itu adalah waktu yang tepat buat kita untuk memohon ampunan dari Allah, bertaubat dan memohon kemashlahatan dunia dan akhirat, Allah SWT berfirman dalam QS.Ali Imran : 16-17 yang artinya : “(yaitu) orang-orang yang berdoa : “Wahai Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka” (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur”

Ternyata waktu sahur itu adalah waktu yang tepat buat kita untuk memohon ampunan dari Allah, bertaubat dan memohon kemashlahatan dunia dan akhirat

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tasakharuu, fainna fissahuuri barakatun” bersahurlah kalian, karena dalam makan sahur itu terdapat berkah.

Hadits nabi juga menyebutkan, Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun pada setiap malam ke langit dunia, ketika sampai sepertiga malam terakhir Dia berfirman, “Barang siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya akan aku kabulkan, barang siapa yang meminya kepada-Ku, niscaya akan Aku beri, dan barang siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni” (HR. Bukhari)

Weitz.. sobat VOA-islam… dahsyat banget kan, berkah dalam bersahur? Ada juga ney cerita tentang manfaat sahur buat kesehatan

Suatu produsen kasur di Amerika Serikat meminta sebuah laboratorium mengukur temperatur beberapa sukarelawan sewaktu tidur malam. Hasilnya menunjukkan bahwa suhu tubuh orang yang tidur rata-rata menurun tajam pada jam-jam menjelang subuh. Pada saat itu, kondisi tubuh yang tidak sadar mejadi rawan terserang berbagai penyakit. Solusi mereka adalah dengan memproduksi tempat tidur yang dilengkapi thermostat, alat otomatis yang menyalakan flamen pemanas di bawah kasur sehingga temperatur kasur menjelang subuh menghangat lagi. Maka, terhindarlah orang yang tidur di atasnya dari penyakit. Harganya beberapa ribu dolar.”

Tapi Islam memberikan solusi gratis, yaitu bangun pada waktu sahur. Ketika suhu tubuh menurun dan setan penyakit mau menyerang, kita disuruh bangkit. Urat-urat bergerak, darah mengalir lebih cepat, dan suhu tubuh menghangat dengan sendirinya. Apalagi, bila dilanjutkan dengan mengambil air wudhu. Darah akan lebih cepat mengalir menetralkan dinginnya air. Setan dan penyakit akan kabur.

Apalagi, bila dilanjutkan dengan mengambil air wudhu. Darah akan lebih cepat mengalir menetralkan dinginnya air. Setan dan penyakit akan kabur.

Orang yang teratur bangun untuk makan sahur atau salat tahajud akan lebih segar dan jarang sakit. Tubuhnya berdaya tahan lebih tinggi terhadap penyakit. Ia akan lebih awet muda dan dengan izin Allah akan lebih panjang umur dalam keadaan sehat walafiat. Wallahu a’lam bishshowwaab

Masih mau males-malesan untuk bersahuuur??  No MoRe…!! b^^d

waroah dachlan/ voa-islam


latestnews

View Full Version