View Full Version
Jum'at, 04 Dec 2009

Musik Keras Bikin Tuli

"Banyak di antara generasi muda masa kini kelak akan menjadi tuli atau mengalami gangguan pendengaran”, demikian kekhawatiran banyak pihak di Barat.

Alasannya, mereka sering mendengarkan musik keras. Musik yang nyaring bukan hanya ketika konser, tapi lebih parah lagi adalah mendengarkan musik dengan headphone dan mp3.

Tambahan pula headphone ini hinggap di telinga siang malam. Muda remaja suka volume musik besar. Oleh karena, saran para peneliti dari Erasmus Medisch Centrum, Rotterdam Belanda, pabrik-pabrik pembuat mp3 dan headphone harus menyesuaikan pembuatan alat-alat ini sehingga volume dibatasi.

Saran selanjutnya adalah: Industri musik, pabrik pembuat peralatan, orang tua, sektor kesehatan harus lebih memperhatikan dan melakukan pencegahan masalah besar pendengaran generasi muda masa kini.

Dibandingkan dengan generasi orang tua mereka, generasi muda masa kini lebih banyak bermasalah dengan pendengaran mereka. Akibatnya adalah: agak tuli, tidak bisa mendengar bunyi secara murni dan senantiasa mendengar suara desing.

Jadi anak muda, maukah kalian mencegah sedari dini ancaman menjadi tuli di masa depan? kalau iya, tinggalkan saja musik itu. [voa-islam/rnw]


latestnews

View Full Version