View Full Version
Kamis, 19 May 2016

5 Langkah Mencegah Kejahatan pada Remaja Muslimah

Sobat muda voa-islam yang dirahmati Allah. Kasus pelecehan seksual yang berlanjut ke pemerkosaan dan pembunuhan sedang marak di negeri ini. Tidak lagi orang dewasa sebagai pelaku maupun korban tapi remaja bahkan anak-anak berubah menjadi monster yang mengerikan. Rasa aman hilang, setiap saat yang ada rasa cemas.

Untuk kamu remaja putri khususnya, peristiwa tersebut menjadi semacam alarm atau peringatan. Memang sih, kompleks sekali bila membicarakan akar masalah dari kasus-kasus sejenis. Tetapi tetap saja harus ada langkah praktis agar paling tidak, kita dan teman serta keluarga terhindar dari hal hal-hal demikian. Di bawah ini beberapa langkah praktis agar bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Jangan berjalan sendirian. Entah pulang sekolah atau les, atau sekadar ke toko buku dekat rumah, usahakan kamu tidak sendirian. Ajak orang tua, kakak atau teman.
  2. Langsung pulang setelah urusan selesai. Biasanya remaja itu suka mampir-mampir setelah sekolah atau les. Dengan adanya kejadian mengerikan akhir-akhir ini, acara mampir ditiadakan. Langsung pulang kalau bisa minta dijemput bila ada tambahan pelajaran atau rapat organisasi.
  3. Berpakaian menutup aurat. Tutuplah aurat dengan baik, bukan berkerudung tapi ketat pakaiannya. Niatkan berpakaianmu ini karena taat pada Allah Ta’ala sehingga Allah pun akan selalu melindungimu.
  4. Ikut bela diri bila perlu. Teknik bela diri dasar dan pertahanan standard wajib dikuasai kaum cewek terutama muslimah. Bila terjadi apa-apa, tetap ada upaya untuk bertahan atau melarikan diri.
  5. Banyak dzikrullah. Tak ada sebaik-baiknya pertahanan kecuali pertahanan dari Allah. Di mana pun dan kapan pun, usahakan melafalkan dzikrullah baik dalam hati dan lisan.

Dan untuk kalian para cowok atau laki-laki, tolong jagalah saudara perempuan kalian. Bila ada adik atau kakak akan ada keperluan pergi kemana, temanilah. Bukankah itu salah satu tugas laki-laki untuk melindungi perempuan yang dalam tanggungannya? Laki-laki itu meskipun masih berstatus anak dalam satu keluarga, Islam telah memberinya tanggung jawab melindungi ibunya, saudara perempuannya bahkan bila perlu neneknya.

Tidak zaman lagi laki-laki cemen yang kerjaannya menggoda saudara perempuannya saja. Inilah saatnya kamu berfungsi dan belajar sebagai laki-laki sejati. Ingat, akan ada pertanggungjawaban kelak di akhirat amanah atau tidaknya kamu terhadap kewajiban yang ada. Bila laki-laki dan perempuan dalam satu keluarga sudah saling menjaga amanah untuk saling melindungi, insya Allah semoga dijauhkan dari segala macam malapetaka yang menggiriskan hati seperti yang dimuat media.

Selebihnya, mari kita dorong masyarakat ini agar semakin peduli terhadap lingkungannya. Begitu juga negara yang memang pada dasarnya tidak menerapkan aturan tegas bagi para pemerkosa dan pembunuh. Sungguh, tak ada hukum yang lebih baik daripada hukum yang berasal dari pembuat manusia itu sendiri yaitu Allah SWT. Karena hukum ini masih belum diterapkan, mari berjaga-jaga baik diri sendiri, keluarga, teman dan orang-orang yang dicintai di sekeliling kita. Wallahu alam. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google


latestnews

View Full Version