View Full Version
Ahad, 29 Oct 2017

Dont Judge Everyone!

Oleh: Abdika Zulfatun Nida

Saya teringat tentang suatu kisah yang mengkisahkan tentang seorang perempuan "kupu-kupu malam" yang mengambilkan minum seekor anjing dari sumur dengan sepatu, dan perbuatan itulah yang membuat Allah tersenyum dan memasukkannya kedalam surga.

Padahal dia adalah seorang "kupu-kupu malam" sedangkan kita tahu bahwa berzina membuahkan dosa yang sangat besar. Allahu Akbar.

Di kisah yang lain ada seseorang yang taat dalam beribadah, namun dia mengurung seekor kucing tidak diberi makan, tidak diberi minum dan akhirnya kucing tersebut mati. Akhlaqnya yang buruk mengakibatkan Allah memasukkannya kedalam neraka. Sedangkan dia adalah seorang yang taat beribadah. Subhanallah.

Mari kita sejenak merenungi ibrah dari kisah tersebut.  Kita tidak pernah tau apa yang ada didalam hati setiap insan, kitapun juga tidak pernah tahu amalan apa yang telah diperbuatnya sehingga membuat Allah tersenyum, kemuadian Allah menghapuskan dosanya, kesalahannya sehingga Allah menghadiahkan kepadanya dengan surga.

Surga, neraka, itu milik Allah bukan milik yang lain. Dont judge everyone, hanya karena mereka yang diluarnya terlihat tidak menghiraukan perintah Allah, yang diluarnya tidak memakai pakaian yang sesuai dengan syariat Allah, yang diluarnya seakan tidak peduli dengan agamanya, bisa jadi mereka menempati tempat tertinggi disisi-Nya. Bisa jadi mereka yang di luarnya tampak seperti seorang yang muslim yang sempurna, ternyata membuat Allah murka.

Kita tidak tidak punya hak untuk mengejudge seseorang, kita tidak punya hak untuk menilai seseorang. Alangkah bijaknya jika kita saling mengingatkan, berhusnudzon kepada siapapun dan saling mendoakan satu sama lain. Hanya Allah lah yang memiliki hak untuk mengejudge dan hanya Allahlah yang tahu siapa yang tersesat dan yang mendapat petunjuk.

Seperti yang terdapat dalam Al Qur'an dalam surat An Nahl ayat 125, "Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." Wallahua'lambisshowab. [syahid/voa-islam.com]

Share this post..

latestnews

View Full Version