View Full Version
Senin, 16 Jul 2018

Inilah 3 Tips Mengatasi Rasa Malas Usai Liburan

Oleh: Choirin Fitri

Liburan panjang telah berlalu. Masuk sekolah lagi seperti hari-hari yang lalu. Ada yang semangat menghadapinya. Ada pula yang merasa enggan keluar dari zona nyaman liburan.

Libur panjang memang menyisakan zona nyaman yang sulit untuk ditinggalkan. Tengok saja, banyak yang masih ingin liburan tanpa terbebani matpel alias mata pelajaran yang sering membuat kepala pusing. Asyiknya tidak terikat waktu sekolah. Nikmatnya bermain tanpa batas. Dan berbagai aktivitas perkawanan yang tak dapat dinikmati sebebas mungkin kecuali saat liburan.

Tapi, bagi anak sekolahan mau tidak mau, ia harus segera keluar dari zona nyamannya.

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa malas kembali ke bangku sekolah:

1. Luruskan niat

Hal pertama yang musti dilakukan adalah meluruskan niat. Kembali sekolah bukan karena ini itu. Niatkan karena Allah mewajibkan kita menuntut ilmu. Jangan sampai gara-gara salah niat, ilmu yang disampaikan guru malah kabur entah kemana.

2. Persiapkan segala perlengkapan sekolah

Perlengkapan sekolah wajib disiapkan. Tak perlu baru jika yang lama masih bisa dipakai. Toh, awal tahun ajaran bukan ajang pamer perlengkapan baru. Iyakan?

Tak hanya tas, buku, alat tulis, ataupun sepatu.  Seragam juga harus jadi pusat perhatian. Jangan sampai di hari pertama sekolah kita tampak kusut dan kuyu karena baju seragam yang lupa disetrika.

3. Berdoalah agar rasa malas tidak hinggap di hati

Ya, doa adalah senjata seorang muslim. Meski kita sudah berupaya menata niat dan mempersiapkan segala kebutuhan sekolah, jika setan sudah menggoda bisa saja malas itu hadir kembali saat hari-H tiba. So, berdoalah!

Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ’ajzi walkasali, wa a’uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a’uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal

Artinya : Artinya:  Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari rasa susah dan duka, dan aku berlindung kepada Mu dari sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung kepada Mu dari lilitan hutang dan musuh yang sewenang-wenang.

Semoga dengan sedikit upaya ini kita bisa membuang rasa malas pada tempatnya sedini mungkin. Ayo semangat! (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 


latestnews

View Full Version