View Full Version
Ahad, 03 Feb 2019

Seberapa Penting Pendidikan?

Sahabat VOA-Islam...

Seperti yang kita semua ketahui pendidikan adalah suatu peranan penting untuk kita memperoleh  ilmu dan mengembangkan ilmu pengetahuan kita.

Pemerintah pun mewajibkan bahwasannya minimal menempuh pendidikan selama 12 tahun sampai SMA SEDERAJAT, agar anak bangsa tidak mudah terpengaruhi dan dapat memajukan pendidikan di Indonesia.  

Sekolah merupakan wadah yang siap memberikan  pendidikan kepada mereka yang membutuhkan. Selain untuk memperoleh ilmu, pendidikan  juga sebagai cara untuk kita bersosialisasi dengan orang lain yang sama sedang menempuh  pendidikan. Dengan  kata lain pendidikan adaah wadah untuk kita menuntut ilmu dan m embangun jaringan yang lebih luas.

  • Pertanyannya apakah pendidikan itu penting ?
  • Mengapa seseorang harus menempuh pendidikan ?

Tingkat pendidikan sangatlah penting karena dengan adanya pendidikan  jiwa dan akal kita akan terdidik pendidikan juga tidak hanya mempelajari pelajaran umum saja tetapi mengajarkan tentang keagamaan membentuk insan yang memiliki akhlakul kharimah, dengan adanya pendidikan kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Seseorang yang menempuh jenjang pendidikan  cenderung memiliki pola pikir yang terbuka tidak hanya berpusat pada satu bidang saja, percaya atau tidak orang yang berpendidikan mampu memecahkan masalah. Apapun jenis masalah yang di hadapi dapat di selesaikan.

Contoh pengacara, pengacara mampu menyelelesaikan masalah karena beliau berpindidikan. Pendidikan bukan lah hal yang biasa saja ataupun ada yang menganggap tidak penting. Orang yang mengatakan pendidikan itu tidak penting hanya lah orang bodoh yang tidak ingin maju dan tidak ingin  memiliki masa depan yang lebih cerah.

Pendidikan membantu untuk mewujudkan cita cita, semua orang pasti memiliki cita cita sejak kecil. Ada yang bercita cita jadi dokter, guru, polisi, pemadam kebakaran dan lain sebagainya. Untuk menggapai cita cita tersebut, di butuhkan ilmu pengetahuan yang sesuai di bidangnya.

Cita cita ini sifatnya tidak tetap, artinya berubah ubah cita cita seseorang bisa berubah rubah dari waktu kewaktu. Penyebabnya ada yang tidak ksampain cita citanya karena terlau banyak main atau apapun itu, ada pula karena ia mendapatkan pekerjaan yang bagus sehingga ia lupa dengan cita citanya. Dan pada kenyataannya tingkat pendidikan seseorang yang akan menentukan masa depannya apa profesinya pada masa yang kan dating.

Apakah setelah kalian mengetahui apa dampak dari melalaikan pendidikan kalian masih akan tetap memnggap remeh pendidikan ?

“Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan” Imam Syafi’i. [syahid/voa-islam.com]

Kiriman Rifky

Share this post..

latestnews

View Full Version