View Full Version
Selasa, 31 Aug 2010

Ada Upaya Untuk Bubarkan Ormas Islam

"Ada gerakan besar atau semacam orkestra yang sangat anti-gerakan keagamaan," kata Munarman. Menurutnya, upaya menekan ormas Islam dilakukan kelompok-kelompok yang berideologi liberal baik di masyarakat maupun di kalangan pejabat pemerintah dan DPR.


Komentar tersebut dikatakan Munarman menanggapi rapat gabungan antara Pemerintah dan DPR RI di Gedung DPR RI, yang membahas ormas yang mengatasnamakan agama. Dalam rapat tersebut, Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri mengungkapkan sejumlah ormas yang sering melakukan tindak kekerasan, antara lain FPI, FBR, dan Forum Pemuda Betawi.

Upaya revisi Undang-Undang No 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Massa dinilai tidak hanya untuk membekukan ormas yang sering melakukan kekerasan. Menurut Ketua DPP Front Pembela Islam ini, upaya tersebut adalah bagian dari gerakan politik untuk membubarkan seluruh ormas Islam.

Sedangkan Menurut Kapolri, ormas yang sering melakukan kekerasan seharusnya dibekukan, tetapi selama ini tidak dapat dilakukan karena tidak diatur dalam UU No 8 Tahun 1985 sehingga diusulkan untuk direvisi. Menurut Munarman, revisi tersebut tidak masalah asal tidak ditujukan untuk membubarkan kelompok tertentu.

(SI/dari berbagai sumber)


latestnews

View Full Version