View Full Version
Selasa, 21 Feb 2012

Utusan Khusus Presiden Obama Tanyakan Gereja Yasmin

Selasa, 21 Februari 2012 | 16:51:10 WIB

Jakarta (SI ONLINE) - Ternyata kabar mengenai GKI Yasmin di Bogor sudah sampai ke Presiden Barrack Obama di White House, Washington, AS.  Hal itu menunjukkan Pimpinan Gerombolan GKI Yasmin memang sengaja menginternasionalisasi kasus yang sebenarnya hanya level lokal Kota Bogor tersebut.

Terbukti Utusan Khususnya untuk Dunia Islam (Special Envoy for Islamic World), Rashad Hussein, ketika berkunjung ke Kementerian Agama dan ditemui Menteri Agama Suryadharma Ali, diantaranya menanyakan kasus Gereja Ilegal tersebut.

“Memang  ketika tadi bertemu saya, Utusan Khusus Presiden AS Barrack Obama untuk Dunia Islam, Mr Rashad Hussein, sempat menanyakan mengenai kasus Gereja Yasmin di Bogor,” ungkap Menag Suryadharma Ali, Senin (20/2/2012) di Kemenag, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut Suryadharma Ali didampingi Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, sementara Rashad Hussein didampingi Dubes AS Scot A Marciel dan Political Officer US Embassy, Eric Jordan.

Kepada Rashad Hussein, Suryadharma Ali menjelaskan persoalan GKI Yasmin adalah masalah perijinan mendirikan bangunan, bukan masalah keagamaan apalagi tempat ibadah.    

“Saya menjelaskan bahwa itu bukan persoalan agama, bukan juga persoalan antar umat beragama, tapi itu persoalan izin mendirikan bangunan. Sedangkan izin mendirikan bangunan berlaku untuk semua jenis gedung, apakah itu untuk gedung sekolah, gedung bisnis, termasuk rumah ibadah,” ujarnya.

Menurut Suryadharma Ali, peraturan di Indonesia untuk pembangunan rumah ibadah harus mendapat izin dari tetangga yang berada di sekitar rumah ibadah yang akan dibangun. Jika tidak maka tidak bisa dibangun.

“Jadi selama izin tidak diberikan oleh tetangga sekitarnya, maka selama itu pula izin tidak bisa diberikan pemerintah untuk membangun rumah ibadah tersebut,” jelas Menag Suryadharma Ali. Dikatakannya, izin untuk membangun rumah ibadah itu dikeluarkan oleh Walikota atau Bupati, bukan Menteri Agama.

Mengenai tanggapan Rashad Hussein, Menag Suryadharma Ali mengakui Utusan Khusus Presiden Obama yang beragama Islam dan ayahnya berasal dari India itu merasa puas bahkan cemburu mengenai kondisi kerukunan umat beragama di Indonesia yang berbeda dengan AS.

“Alhamdulillah, Mr Rashad Hussein merasa puas dengan penjelasan saya seperti itu. Bahkan dia merasa cemburu dengan kehidupan beragama di Indonesia yang sangat bagus dan berbeda dengan AS. Saya berharap penjelasan ini nantinya akan langsung diberitahukan langsung kepada Presiden AS Barrack Obama,” ungkapnya. (*)


latestnews

View Full Version