View Full Version
Senin, 24 Sep 2012

Bawa Spanduk 'Kami Osama', 600 Warga Yunani Demo Kecam Film Penista Nabi

Senin, 24 September 2012 | 15:16:39 WIB

Athena (SI ONLINE) - Warga Yunani turut mengecam film Innocence of Muslims yang menghina dan menista Nabi Muhammad Saw. Sebanyak 600 warga di Kota Athena turun ke jalan dan mengalami bentrokan dengan polisi.

Sekira enam orang demonstran di Kota Athena ditahan oleh kepolisian, demonstran-demonstran yang lain kerap berjuang untuk melakukan marching ke kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS). Namun upaya mereka digagalkan oleh polisi huru-hara.

Demonstran-demonstran itu membawa spanduk yang berisikan slogan-slogan mengecam AS. Salah satu spanduk yang mereka bawa bertulisan, "Kami adalah Osama (Osama bin Laden)." Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Senin (24/9/2012).

Sementara itu, beberapa demonstran lain membawa spanduk yang bertulisan "Kami hanya memiliki Nabi Muhammad."

Polisi Yunani menggunakan gas air mata ke ratusan demonstran yang berada di jantung Kota Athena. Stasiun kereta bawah tanah juga ditutup atas alasan keamanan.

Seluruh demonstran mendesak penjatuhan hukuman mati kepada sutradara film Innocence of Muslims, Nakoula Basseley Nakoula. Mereka merusak tiga buah mobil dan melempari polisi dengan benda-benda yang berada di sekitarnya.

Yunani sendiri merupakan salah satu negara Eropa yang banyak dihuni oleh warga Muslim. Demonstran-demonstran itu umumnya  adalah warga imigran Pakistan, Afghanistan dan Bangladesh.

Selain dari imigran Pakistan, Afghanistan dan Bangladesh, banyak warga Muslim Yunani yang merupakan warga keturunan Balkan (Albania, Makedonia, dan negara-nedara bekas pecahan Yugoslavia). Kebanyakan dari mereka tinggal di Kota Athena dan Thessaloniki.


latestnews

View Full Version