View Full Version
Selasa, 25 Sep 2012

Gereja Koptik Mesir Dukung Seruan Al Azhar Tentang Larangan Penistaan Agama

Selasa, 25 September 2012 | 16:45:08 WIB

Kairo (SI ONLINE) - Gereja Koptik Mesir mendukung Grand Syeikh Al Azhar, Prof. Dr. Ahmed Al Tayeb yang menyerukan pelarangan global mengenai penistaan agama.

"Gereja Koptik menolak keras penistaan agama dalam bentuk apa pun, dan mendukung seruan Al Azhar mengenai pelarangan global penistaan agama," kata pemimpin Gereja Koptik Baba Bakhomious kepada jaringan televisi Nile TV, Selasa (25/9/2012).

Baba Bakhomious pada Senin (24/9) memimpin jajaran pimpinan Gereja Koptik menemui Syeikh Agung Al Azhar untuk menyampaikan dukungan tersebut dan menegaskan penolakannya atas upaya penistaan agama.

Syeikh Al Azhar pada akhir pekan lalu menyerukan Perserikatan Bangsa-Bangsa mewujudkan hukum internasional mengenai pelarangan global terhadap penistaan agama.

"Dunia membutuhkan resolusi internasional untuk melarang penyerangan terhadap simbol-simbol agama apa pun termasuk Islam," kata Syeikh Tayeb.

Resolusi internasional itu, katanya, harus mempidanakan pelaku-pelaku yang melakukan serangan terhadap simbol-simbol agama, yang pada gilirannya memprovokasi perdamaian dunia dan keamanan internasional," kata Syeikh Tayeb.

Penasihat Syeikh Agung Al Azhar Urusan Dialog Peradaban, Prof. Dr. Mahmoud Ezzat mengatakan, pihak Al Azhar telah meminta Menteri Luar Negeri Mesir Mohamed Kamel Amr dan Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil Al Arabi untuk meneruskan seruan itu kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Seruan pelarangan global terhadap penistaan agama itu terkait dengan munculnya film pendek di Amerika Serikat, "Innocence of Muslims" yang dinilai melecehkan Islam dan Nabi Muhammad.

Film tersebut menyulut aksi protes dari berbagai negara di dunia Islam hingga mengakibatkan korban jiwa, termasuk kepala perwakilan AS di Libya.

red: shodiq ramadhan


latestnews

View Full Version