View Full Version
Senin, 19 Nov 2012

Maroko Bantu Warga Gaza dengan Pendirian Rumah Sakit Lapangan

Senin, 19 November 2012 | 10:27:58 WIB

Rabat (SI ONLINE) - Maroko mengumumkan bahwa negara itu akan mendirikan rumah sakit lapangan di Jalur Gaza untuk membantu warga Palestina yang terluka akibat agresi Israel, yang oleh raja digambarkan sebagai "agresi militer" dalam satu pernyataan.

Raja Mohammed VI "memerintahkan segera pembentukan satu rumah sakit lapangan Maroko di Jalur Gaza," yang akan mencakup staf medis dari "angkatan bersenjata selain para dokter sipil Maroko dan paramedis," kata pernyataan istana kerajaan.

Rumah sakit itu dirancang untuk "memperkuat kemampuan medis yang ada" di wilayah tersebut, tambahnya.

"Melalui prakarsa kemanusiaan ... dalam koordinasi dengan Otoritas Palestina, Maroko "akan membantu meringankan penderitaan jumlah korban penduduk dalam beberapa hari agresi militer yang dikutuk keras oleh kerajaan."

Rabat juga memiliki rumah sakit lapangan di negara tetangga Yordania untuk membantu merawat para pengungsi Suriah yang melarikan diri karena perang saudara di negara mereka.

Hingga kini dilaporkan jumlah korban tewas Muslim Palestina menjadi 69 dan korban cedera lebih dari 600 orang sejak serangan udara yang menewaskan seorang komandan militer Hamas saat mengawali operasi militer Israel terhadap Gaza.

Tiga orang Israel tewas dan lebih dari 50 cedera akibat serangan roket Palestina, kata seorang juru bicara dinas pelayanan darurat Magen David Adom kepada AFP.

Militer Israel mengatakan, 10 dari mereka yang terluka adalah prajurit, satu dari mereka cedera parah.

Israel mengatakan, militer telah menghantam lebih dari 1.132 sasaran di Jalur Gaza.

Dalam kurun waktu yang sama, 544 roket yang ditembakkan oleh mujahidin Gaza menghantam Israel selatan, dan 302 roket lainnya diklaim disergap oleh sistem pertahanan rudal Israel Iron Dome.

red: shodiq ramadhan


latestnews

View Full Version