View Full Version
Jum'at, 23 Nov 2012

Pro Mubarak, Jaksa Agung Mesir Dipecat

Jumat, 23 November 2012 | 09:34:42 WIB

Kairo (SI ONLINE) - Presiden Mesir Muhammad Mursi pada Kamis malam memecat Jaksa Agung Mesir, Abdel Maguid Mahmoud dan mengangkat Talaat Ibrahim sebagai Jaksa Agung baru. Mahmoud dianggap sebagai bagian dari rezim lama yang pro-Mubarak.

Ini merupakan pemecatan kedua kalinya setelah pemberhentian sebelumnya pada Oktober lalu untuk dijadikan duta besar untuk Vatikan, namun ditolak oleh Maguid Mahmoud.

Talaat Ibrahim langsung diambil sumpah oleh Presiden pada Kamis malam (Jumat dinihari WIB, 23/11).

Jaksa Agung Abdel Maguid Mahmoud yang diangkat sejak era presiden terguling Hosni Mubarak itu dianggap sebagai pro-rezim lama. Ia dinilai sebagai pro-rezim lama sehingga dalam sejumlah kasus perkara korupsi dan penyelewengan kekuasaan dianggap lemah dalam penuntutannya.

Hukuman ringan dan pembebasan sejumlah pejabat era rezim lama yang diadili, seperti Mubarak dan dua anaknya, mantan Menteri Dalam Negeri Habib Al Adly, dianggap akibat ulah dari Jaksa Agung.

Sebagian kalangan yang masih pro rezim lama bereaksi atas pemecatan itu. Termasuk bekas saingan Mursi, Mohamed Elbaredai.

Massa dari kalangan pemuda pro-rezim lama pada Kamis malam berkumpul di Bundaran Tahrir dan meneriakkan yel-yel penolakan mereka terhadap pemecatan tersebut.

Massa yang menolak pemecatan itu menyerukan akan berunjuk rasa sejuta umat di Bundaran Tahrir pada Jumat siang ini.

red: shodiq ramadhan/antaranews


latestnews

View Full Version