View Full Version
Senin, 14 Jan 2013

Ratusan Ribu Orang Demonstrasi Menentang Pernikahan Gay di Paris

Senin, 14 Januari 2013 | 13:48:20 WIB

Paris (SI ONLINE) - Ratusan ribu orang pada Ahad kemarin melakukan unjuk rasa di jalan-jalan ibu kota Prancis Paris untuk memprotes rencana Presiden Francois Hollande melegalkan pernikahan gay dan adopsi pada Juni mendatang.

Menurut penyiar BBC Inggris, seperti dikutip ANTARA, Senin (14/1/2013), tiga pawai besar berkumpul di satu taman besar di samping Menara Eiffel - Champs de Mars.

Para demonstran, yang didukung oleh Gereja Katolik dan oposisi sayap kanan, mengatakan rencana pemerintah akan merusak salah satu dari kelompok bangunan penting masyarakat.

Meskipun pemerintah sosialisnya menghadapi penolakan dari lebih 1.000 wali kota dan Gereja Katolik, masih menyetujui RUU yang berkaitan pada November 2012.

Penyelenggara pawai mengatakan, sekitar 800.000 pengunjuk rasa turun ke jalan, membawa plakat-plakat yang terbaca seperti "Kami tidak ingin hukum Anda, Francois." Menurut polisi, jumlah pengunjuk rasa adalah sekitar 340.000 orang.

Parlemen Prancis diperkirakan akan mulai membahas rancangan undang-undang kontroversial itu pada Januari.

Saluran berita France 24 yang berbasis di Paris melaporkan dengan mengutip hasil jajak pendapat baru-baru ini, bahwa lebih dari 60 persen orang yang disurvei mendukung hak perkawinan bagi pasangan berjenis kelamin sama.

Pemimpin Katolik Kardinal Andre Vingt-Trois yang berkotbah pada Agustus, bertemu pengunjuk rasa di selatan Paris untuk mengekspresikan "dorongan bahwa orang Kristen mengungkapkan apa yang mereka pikirkan," kata penyiar berita televisi satelit Sky News.

Sky News juga mengatakan, penyelenggara bersikeras bahwa mereka lebih setuju pernikahan tradisional daripada menentang kaum gay dan lesbian.

Pada November 2012, antara 70.000 sampai 200.000 warga Prancis memprotes otoritas rencana Prancis untuk melegalkan pernikahan sesama jenis itu dan memungkinkan pasangan gay untuk mengadopsi anak, kata media.

red: shodiq ramadhan


latestnews

View Full Version