View Full Version
Ahad, 07 Jul 2019

Bom Mobil Tewaskan 12 Orang di Afghanistan

KABUL (voa-islam.com) - Sebuah bom mobil bunuh diri besar-besaran pada hari Ahad ini menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 50 lainnya di provinsi Ghazni, Afghanistan tengah yang bergolak, pejabat dan media setempat mengonfirmasi.

Di tengah pembicaraan damai Afghanistan di Qatar, Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan itu. Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahed mengatakan di media sosial bahwa kompleks dinas rahasia Afghanistan, NDS, adalah target serangan Ahad pagi ini di ibukota provinsi, yang sempat jatuh ke tangan pejuang tahun lalu.

Mengonfirmasi jumlah korban tewas, Baz Mohammad, kepala rumah sakit umum di Ghazni, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pasukan sipil dan keamanan di antara para korban. Menurut Radio Azadi setempat, sejumlah anak sekolah juga tewas.

Malam terakhir, Taliban dan AS menyatakan optimisme untuk perdamaian dalam pembicaraan yang sedang berlangsung di ibukota Qatar, Doha.

Utusan AS Zalmay Khalilzad mengatakan dalam serangkaian tweet pada hari Sabtu kemarin bahwa enam hari terakhir perundingan dengan para pemimpin pejuang Afghanistan adalah "sesi paling produktif hingga saat ini."

Pembicaraan antara AS dan Taliban dihentikan selama dua hari ketika sekelompok politisi Afghanistan dan aktivis masyarakat sipil mengadakan dialog intra-Afghanistan di tempat yang sama.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version