View Full Version
Kamis, 01 Sep 2011

Amerika Habiskan Dana 60 Milyar Dolar Sia-Sia di Irak dan Afghanistan

VOA-ISLAM.COM – Ini merupakan temuan dari hasil penyelidikan selama tiga tahun atas penggunaan kontraktor-kontraktor swasta di dua kawasan perang itu.

Senator AS, Claire McCaskill yang mendorong Kongres AS untuk membentuk komisi penyelidikan pemakaian dana untuk kontraktor swasta di Irak dan Afghanistan.

Penyelidikan atas pengeluaran Amerika di Irak dan Afghanistan mendapati sekitar 60 milyar Dolar telah dihabiskan sia-sia dan dikorupsi.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil penyelidikan selama hampir tiga tahun atas penggunaan kontraktor di dua kawasan perang itu. Laporan yang disusun oleh sebuah panel independen dan disampaikan kepada Kongres hari Rabu itu, juga mengingatkan jumlah dana yang hilang akan terus bertambah kecuali jika dilakukan perubahan signifikan.

Senator Claire McCaskill dari Partai Demokrat – yang mendorong Kongres untuk membentuk komisi tersebut – mengatakan, adalah “menjijikkan”, bahwa hampir sepertiga dari milyaran Dolar Amerika yang dihabiskan di Irak dan Afghanistan telah hilang percuma. Ia menggambarkan temuan anggaran yang sia-sia dan kecurangan yang terjadi sebagai hal yang “mengejutkan”.

Komisi Urusan Kontraktor Perang di Irak dan Afghanistan mulai bekerja tahun 2008, mengadakan puluhan dengar pendapat atas desakan Senator McCaskill dan rekan senator dari Partai Demokrat lainnya – Jim Webb. Komisi itu memeriksa lebih dari 200 milyar Dolar yang dihabiskan untuk membayar kontrak-kontrak dan hibah hingga akhir tahun ini.

Panel tersebut menyimpulkan sedikitnya 31 milyar Dolar telah terbuang percuma pada proyek-proyek yang dijalankan oleh perusahaan-perusahaan swasta dan perorangan, baik dari Amerika maupun dari Irak dan Afghanistan – yang dipekerjakan oleh pemerintah Amerika. Tetapi laporan itu mengatakan jumlah sesungguhnya tampaknya mendekati 60 milyar Dolar. [taz/voa]


latestnews

View Full Version