View Full Version
Selasa, 20 Mar 2012

Mesir Bebaskan Saudara Sheikh Ayman Al-Zawahiri dari Penjara

KAIRO (voa-islam.com) - Mohamed al-Zawahiri, saudara dari pemimpin Al-Qaeda Sheikh Ayman al-Zawahiri, akan dibebaskan dari penjara di Mesir setelah menjalani masa penahana selama 13 tahun, kata pengacaranya Senin.

Dia dibebaskan oleh pengadilan militer Mesir dan akan dilepas pada Selasa, kata pengacara Nizar Ghorab.

Mohamed al-Zawahiri dipenjarakan tahun 1999 setelah ditahan dan diekstradisi dari Uni Emirat Arab atas tuduhan bahwa ia terkait dengan pembunuhan dari Presiden Mesir Anwar Sadat di tahun 1981. Mohamed Al-Zawahiri dibebaskan dari tuduhan pembunuhan tetapi kemudian dituduh berkonspirasi melawan pemerintah Mesir.

Dia dijatuhi hukuman mati, tapi kemudian mengajukan banding atas keputusan itu.

Tahun lalu, pemerintah sementara Mesir membebaskannya bersama dengan sejumlah tahanan politik lain setelah pengampunan umum dikeluarkan oleh Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata, yang memerintah negara itu setelah penggulingan Presiden Hosni Mubarak. Namun, Al-Zawahiri ditangkap lagi sesaat setelah itu.

Ahmed al-Zawahiri, keponakan dari Mohamed al-Zawahiri, mengatakan kepada CNN bahwa setelah pembebasan tahun lalu, pasukan keamanan menyerbu rumah pamannya, memukulinya dan dia ditahan kembali tanpa alasan yang jelas.

..Mohamed Al-Zawahiri telah disiksa selama bertahun-tahun oleh aparat keamanan Mubarak negara karena dia adalah saudara dari Ayman Zawahiri..

"Itu sehari setelah paman saya berbicara dengan koran lokal dan berbicara tentang penyiksaan yang dialaminya di dalam penjara selama bertahun-tahun," kata Ahmed al-Zawahiri CNN.

"Mohamed Al-Zawahiri telah disiksa selama bertahun-tahun oleh aparat keamanan Mubarak negara karena dia adalah saudara dari Ayman Zawahiri," kata Ghorab.

Mohamed Al-Zawahiri adalah anggota Jihad Islam Mesir, yang saudaranya, Sheikh Ayman Al-Zawahiri pernah memimpin. Amerika Serikat menggambarkan kelompok itu sebagai organisasi teroris yang bergabung dengan Al-Qaeda pada tahun 2001. "Tujuan utama kelompok tersebut adalah untuk menggulingkan pemerintah sekuler Mesir dan menggantinya dengan negara Islam dan menyerang kepentingan AS dan  Israel di Mesir dan luar negeri," Departemen Luar Negeri AS pernah mengatakan.

Lima aktivis Islam lainnya yang didakwa dengan kejahatan serupa dibebaskan bersama dengan Al-Zawahiri, Ghorab mengatakan.

Mereka adalah Abdel Aziz al-Jamal, Alaa Sarhan, Sayed Imam, Murgan Mustapha Salem dan Mohamed Islamboli, saudara dari eksekutor Anwar Sadat Khalid Islamboli, pengacara itu menambahkan. (by/cnn)


latestnews

View Full Version