View Full Version
Selasa, 27 Mar 2012

Turki Tutup Kedutaan Besar di Damaskus Suriah

TURKI (voa-islam.com) - Turki menutup kedutaan besarnya di Damaskus pada hari Senin (26/3/2012) karena memburuknya kondisi keamanan di Suriah, satu sumber diplomatik Turki mengatakan.
 
"Aktivitas di Kedutaan Turki telah ditangguhkan dari pagi ini," kata sumber itu tanpa menyebut nama, menambahkan bahwa semua personil diplomatik telah meninggalkan ibukota Suriah.
 
Ankara telah menjadi semakin nyaring dalam kritik kepada sekutunya satu waktu atas tindakan keras dan brutal terhadap protes di Suriah yang aktivis mengatakan telah menewaskan lebih dari 9.000 orang sejak Maret tahun lalu.
 
Turki mendesak Presiden Bashar al-Assad untuk turun dan mengenakan sejumlah sanksi terhadap Damaskus, sementara negara itu juga muncul sebagai surga utama bagi para kelompok pemberontak oposisi Suriah.
 
Negara ini menjadi tuan rumah Konferensi "Sahabat Suriah" di Istanbul pada tanggal 1 April untuk menekan rezim Damaskus setelah pertemuan yang pertama di Tunis bulan lalu yang dihadiri oleh para pejabat terkemuka dari negara-negara Barat dan Arab.
 
Meskipun penutupan kedutaan, konsulat Turki di sebelah utara kota Aleppo akan tetap terbuka, sumber diplomatik mengatakan.
 
Sejumlah negara telah menutup kedutaan mereka di Damaskus, termasuk Amerika Serikat, beberapa anggota Uni Eropa dan negara-negara kerajaan Arab di Teluk. (by/hd)


latestnews

View Full Version