View Full Version
Ahad, 06 May 2012

Serangan Pesawat Drone AS Tewaskan 10 Orang di Pakistan

WAZIRISTAN UTARA (voa-islam.com) - Serangan sebuah pesawat drone AS menewaskan sedikitnya sepuluh orang hari Sabtu di wilayah Waziristan Utara Pakistan dekat perbatasan Afghanistan, para pejabat keamanan Pakistan mengatakan.

Dalam serangan hari Sabtu (5/5/2012), pesawat tak berawak menembakkan rudal ke sebuah rumah di daerah Shawal Waziristan Utara, menewaskan sepuluh orang, kata pejabat yang menolak untuk menyebutkan namanya.

Syawal merupakan daerah pegunungan terpencil dan lembah berhutan yang menyebar di kedua sisi perbatasan.

Identitas mereka yang tewas dalam serangan itu namun tidak diketahui dan para pejabat mengatakan mereka mencoba untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dari daerah pegunungan yang jauh sekali tersebut.

Serangan Sabtu adalah serangan kedua sejak parlemen Pakistan pada Maret menyetujui panduan baru pada hubungan dengan Amerika Serikat, yang termasuk seruan untuk mengakhiri serangan pesawat tak berawak di wilayah Pakistan.

Sebuah komite parlemen Pakistan baru-baru ini menuntut diakhirinya serangan drone di wilayah Pakistan sebagai bagian dari rekomendasi untuk bagaimana hubungan dengan Amerika Serikat harus berubah.

Amerika Serikat belum ada indikasi mereka berniat untuk menghentikan kampanye tersebut, dan pemerintahan Presiden Barack Obama telah mengatakan penggunaan pesawat yang dikemudikan jarak jauh itu adalah legal menurut hukum internasional.

Serangan pesawat tak berawak AS hari Sabtu adalah yang ke-12 dari jenisnya di Pakistan sejak tahun ini. Sampai saat ini, setidaknya 93 orang dilaporkan tewas dalam serangan tersebut pada tahun 2012. The New America Foundation think-tank di Washington mengatakan serangan pesawat tak berawak telah menewaskan antara 1.715 dan 2.680 orang di Pakistan dalam delapan tahun terakhir. (an/ptv)


latestnews

View Full Version