View Full Version
Rabu, 03 Apr 2013

Protes Keracunan Masal, Ratusan Mahasiswa Mesir 'Serbu' Kantor Imam Besar Al-Azhar

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Ratusan mahasiswa Mesir yang marah oleh wabah keracunan makanan masal di sebuah universitas Kairo pada hari Selasa (2/4/2013) menyerbu kantor ulama tertinggi negara Mesir, yang memimpin lembaga tersebut.

Wabah keracunan makanan hari Senin di Universitas al-Azhar memaksa 479 mahasissa dirawat inap, pejabat Kementerian Kesehatan Khaled el-Khateib mengatakan. Peristiwa ini terjadi setelah makanan disajikan di asrama universitas di distrik Kota Nasr Kairo.

Universitas ini berafiliasi dengan masjid Al-Azhar, tempat pembelajaran terkemuka sebagai di dunia Muslim Sunni, dan gelar penghargaan dalam ilmu dan humaniora serta dalam studi agama. DR. Syaikh Ahmed al-Tayeb, Imam Besar Al-Azhar yang kantornya diserang, adalah otoritas tertinggi universitas.

Menggarisbawahi gravitasi kejadian tersebut, jaksa atas Mesir memerintahkan penyelidikan atas wabah keracunan tersebut dan Islam Presiden Mohammed Mursi mengunjungi salah satu rumah sakit di Kairo dimana beberapa mahasiswa yang menjadi korban dirawat.

Keracunan makanan tidak biasa terjadi di asrama-asrama universitas Mesir, di mana standar kebersihan dasar sering tidak diamati, tetapi wabah terbaru adalah yang terbesar dalam beberapa tahun.

Dalam protes hari Selasa, ribuan mahasiswa Al-Azhar memblokir jalan Salah Salem, jalan arteri penting yang menghubungkan selatan kota ke timur distrik tersebut. Beberapa dari mereka masuk ke kantor Ahmed al-Tayeb di jalan Salem Salah dekat kampus utama universitas.

Sebelumnya pada hari Senin (1/4/2013) para mahasiswa juga melakukan protes dengan memblokir jalan di luar asrama mereka dan meneriakkan slogan-slogan menentang manajemen universitas. (an/ds)


latestnews

View Full Version