View Full Version
Sabtu, 01 Jun 2013

Penyerang Tak Dikenal Tembak Mati Perwira Senior Angkatan Udara Yaman

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Penyerang tak dikenal menembak mati seorang perwira senior angkatan udara Yaman pada Sabtu (1/6/2013) di provinsi timur Hadramaut, di mana Al-Qaidah tetap aktif meskipun tindakan keras pemerintah, kata seorang pejabat keamanan.

Pria bersenjata itu melesat pergi dengan sepeda motor setelah membunuh Kolonel Yahya al-Umayssi, komandan pasukan detasemen udara di kota Seiyun, di pedalaman utara provinsi tersebut, kata seorang pejabat.

Seorang saksi mata mengatakan bahwa kedua penyerang yang bertopeng tetapi pria bersenjata itu melepas topengnya sebelum melepadkan tembakan dengan, mengatakan: "Dengan menyebut nama Allah, Allahu Akbar."

Tidak ada pihak yang segera menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu tetapi loyalis Al-Qaidah telah melakukan serentetan pembunuhan terhadap petugas keamanan di selatan dan timur Yaman dalam kaitannya sebagai pembalasan atas tindakan keras pemerintah yang didukung AS pada jaringan tersebut.

Sekitar 70 lebih perwira keamanan Yaman telah tewas di wilayah tersebut dalam dua tahun terakhir dalam serangan yang dikaitkan dengan Al-Qaidah, kata para pejabat.

Pejuang Al-Qaidah mundur ke daerah-daerah pegunungan di wilayah timur setelah dipaksa keluar dari pusat-pusat perkotaan di selatan selama serangan militer pada Mei 2012.

Al-Qaidah telah mengambil keuntungan untuk merebut sebagian besar wilayah selatan dan timur menyusul melemahnya kontrol pemerintah pusat selama pemberontakan 2011 yang memaksa presiden sebelumnya, Ali Abdullah Saleh mundur dari kekuasaan. (an/AFP)


latestnews

View Full Version