View Full Version
Selasa, 19 Nov 2013

Rumah Lelang Prancis Jual Pedang Bersejarah Raja Arab Saudi 1,2 Juta Dolar AS

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Sebuah pedang langka yang dianggap sebagai "bukti bersejarah" untuk penciptaan Arab Saudi modern terjual lebih dari 1,2 juta dolar AS (-+Rp.13,8 miliar) pada lelang di Perancis pada hari Ahad (17/11/2013).

Pedang baja dan emas 24-karat, dengan pegangan gading dan pisau melengkung panjang, dibeli untuk seharga 955.400 euro melalui telepon "oleh seorang pembeli misterius yang masuk penawaran di pertengahan penjualan," kata juru lelang Jean-Pierre Osenat.

Pedang tersebut adalah hadiah dari Raja Saudi Abdul Aziz bin Saud kepada Pangeran Ahmad Shah Khan di Afghanistan untuk menandai berdirinya Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 5 Mei 1932.

Pedang tersebut, yang memiliki panjang pisau hampir 79 sentimeter, kemudian dijual kepada pembeli swasta.

Pedang itu sudah bernilai antara 800.000 dan 1.200.000 euro menjelang lelang hari Ahad. Penjualan tersebut memprovokasi minat yang sangat ramai di kalangan kolektor di Timur Tengah," kata rumah lelang Osenat.

Pedang itu bisa jadi asal Suriah abad ke-19 .

"Simbolisme pedang penting di negara-negara Arab," kata Jean - Christophe Chataignier dari Osenat.

"Menawarkan sebuah pedang adalah tindakan pasti persahabatan, loyalitas, kepercayaan dan perlindungan timbal balik antara penyedia dan penerima." katanya. (an/aby)


latestnews

View Full Version