View Full Version
Jum'at, 27 Dec 2013

Jenderal Inggris: Taliban Bisa Rebut Wilayah Kunci di Selatan Afghan

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Seorang perwira senior Angkatan Darat Inggris telah memperingatkan bahwa wilayah-wilayah penting di Afghanistan bisa direbut kembali oleh mujahidin Taliban ketika pasukan Inggris sedang mempersiapkan penarikan tahun depan.

Jenderal Sir Peter Wall, Kepala Staf Umum Angkatan Darat Inggris telah mengatakan bahwa kota-kota penting Afghanistan dari provinsi Helmand di selatan Afghanistan seperti Musa Qala beresiko hilang ke tangan Taliban.

Jenderal Peter Wall lebih lanjut menambahkan bahwa pejuang Taliban berusaha merebut kembali wilayah yang hilang, di mana pasukan Inggris telah menderita korban berat selama fase awal operasi militer.

Saat berbicara selama wawancara dengan The Telegraph, Jenderal Peter Wall memperingatkan bahwa pasukan Inggris akan menghadapi tahun yang sulit ketika mereka menyelesaikan penarikan 6.000 pasukan yang tersisa sebelum operasi tempur mendekati akhir pada akhir 2014.

"Taliban akan mempertarungkan tempat yang kami telah tinggalkan dan ada tempat-tempat ikonik seperti Musa Qala yang kita perjuangkan dan menderita cukup signifikan," kata Jenderal Peter Wall.

Dia juga menambahkan, "Ini akan menjadi berita sangat buruk jika Taliban mendapatkan kembali tempat seperti itu."

Menurut Jenderal Peter Wall, pertempuran di Afghanistan akan berlanjut selama beberapa tahun kecuali unsur-unsur Taliban yang "lebih moderat" dapat " berasimilasi ke dalam proses politik". (st/kp)


latestnews

View Full Version