View Full Version
Sabtu, 28 Dec 2013

Massa Kristen Hancurkan Masjid Ketiga di Bangui Afrika Tengah

BANGUI, AFRIKA TENGAH (voa-islam.com) - Massa Kristen yang marah pada Jumat (27/12/2013) menghancurkan sebuah masjid ketiga di dekat kota Bangui, ibu kota Republik Afrika Tengah (CAR) yang dicabik-kekerasan.

Masjid yang hancur itu dipakai oleh komunitas Muslim moderat berjumlah sekitar 100 anggota di Bassekotto, terletak 7 km dari Bangui.

"Tidak ada yang terluka dalam serangan pagi tersebut," Imam Ahmed Tijan Naib dari masjid pusat Bangui mengatakan kepada Anadolu Agency.

Dia mengatakan serangan itu terjadi di sekitar 10 pagi sebelum umat Islam mulai berkumpul untuk melakukan salat Jum'at.

Seorang saksi mata mengatakan kepada AA bahwa sekelompok warga Kristen berjumlah sekitar 80 orang telah datang dengan membawa palu, pipa besi dan tongkat dan mulai menghancurkan masjid sebelum akhirnya membakar bangunan itu.

"Anda bisa melihat kebencian di wajah mereka. Mereka terus meneriakkan "Kami tidak ingin umat Islam di sini, mereka harus pergi," kata Naib.

Itu adalah masjid ketiga yang dihancurkan baru-baru ini di atau dekat Bangui, yang telah menyaksikan kekerasan sektarian yang meluas dalam beberapa pekan terakhir.

Satu masjid dihancurkan di Fouh awal bulan ini. Masjid lain dihancurkan di Gobongo, sekitar 10km dari Bangui, pada 20 Desember.

Milisi Kristen lakukan kekejaman terhadap Muslim

Republik Afrika Tenga, sebuah negara yang terkurung daratan yang kaya mineral, jatuh dalam kerusuhan di bulan Maret, ketika pemberontak Seleka-dikatakan sebagian besar Muslim - menggulingkan Presiden Christian François Bozize, yang telah mendapatkan kekuasaan dalam kudeta tahun 2003.

Bulan-bulan sejak penggulingan Bozize telah melihat munculnya milisi Kristen gadungan "anti-Balaka" yang digambarkan dalam sebuah laporan Human Rights Watch (HRW) hari Kamis sebagai "warga lokal dan tentara yang setia kepada pemerintah sebelumnya."

Dalam laporannya, HRW menegaskan bahwa milisi Kristen tersebut telah dilakukan sejumlah "kekejaman" baru-baru ini terhadap komunitas Muslim setempat, termasuk pembunuhan beberapa ratus Muslim dan pembakaran rumah dan masjid mereka. (st/wb)

Ket: Massa Kristen saat menghancurkan masjid Gobango di Bangui, Republik Afrika Tengah, Jumat 20 Desember 2013. / Foto. AP


latestnews

View Full Version