View Full Version
Jum'at, 03 Jan 2014

Kantor Pengacara Wanita Pertama Dibuka di Arab Saudi

ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Seorang pengacara Wanita Arab Saudi, Bayan Alzahran telah membuka kantor pengacara wanita pertama di Arab Saudi, Al Arabiya News Channel melaporkan pada hari Kamis (3/1/2014), dua bulan setelah dia dan tiga perempuan lain diberi hak untuk berpraktek dalam profesinya di negara kerajaan tersebut.

"Kegiatan kami tidak terbatas pada kasus-kasus yang melibatkan hanya perempuan. Sistem pengacara Arab Saudi memperlakukan laki-laki dan perempuan sama-sama dan pengacara berhak untuk mewakili pria dan wanita,"kata Alzahran kepada Al Arabiya News Channel.

"Kantor saya saat ini telah mengambil beberapa kasus yang melibatkan individu maupun perusahaan," katanya.

"Langkah ini datang berkat dukungan dari Raja Abdullah dan kami sebagai pengacara dan wanita dari negeri ini terus-menerus berusaha untuk mengembangkan diri dalam apa yang baik bagi perempuan Saudi," tambahnya.

Langkah "bagus"

Alzahran menggambarkan reaksi sosial untuk langkahnya membuka kantor sebagai "bagus."

"Saya menerima ratusan ucapan selamat pada halaman Twitter saya. Semua reaksi telah positif sejak kami menerima lisensi pada 6 Oktober," katanya .

"Ada juga persetujuan dalam pengadilan, dari para hakim dan karyawan," tambahnya.

Dalam wawancara sebelumnya dengan Al Arabiya News Channel , Alzahran mengatakan : "Lisensi adalah salah satu dari hak-hak kami dan kami tidak mendapatkannya sampai kondisi sistemik yang diterapkan sebagaimana diatur dalam Pasal 3 dari sistem hukum."

Dia menunjukkan bahwa lisensi tersebut akan memungkinkan pengacara wanita untuk diakui dalam daftar praktek pengacara.

Alzahran memperoleh izin setelah menuntut tahapan dan pelatihan selama tiga tahun sebagai konsultan di salah satu lembaga yang terakreditasi dan bersertifikat legal.

Dia pertama mulai bekerja di sekitar kekerasan dalam rumah tangga dan kemudian menuju ke isu-isu keuangan dan tahanan pidana. (st/aby)

Ket: Bayan Alzahran


latestnews

View Full Version