View Full Version
Sabtu, 11 Jan 2014

AS Kirim Penasihat Militer Ke Somalia Bantu AMISOM Perangi Al-Shabaab

WASHINGTON (voa-islam.com) - Militer AS telah membentuk sebuah unit kurang dari lima tentara di Mogadishu untuk memberikan masukan kepada pasukan Afrika dan Somalia ketika mereka mencoba untuk mengambil kendali dari Somalia dari kelompok mujahidin afiliasi Al-Qaidah, Al-Shabaab, seorang juru bicara mengatakan pada hari Jumat (10/1/2014).

Kolonel Angkatan Darat Tom Davis, juru bicara Komando As-Afrika, mengatakan pasukan AS mulai membangun Sel Koordinasi Mogadishu pada bulan Oktober dan mulai beroperasi secara penuh pada akhir Desember.

Pembentukan unit tersebut menandai pertama kalinya tentara AS telah dikerahkan ke Somalia sejak tahun 1994, ketika pasukan terakhir Amerika menarik diri dari negara itu beberapa bulan setelah apa yang disebut insiden "Black Hawk Down" di mana mujahidin Somalia menembak jatuh dua helikopter dan membunuh 18 pasukan AS.

"AS telah membentuk sel koordinasi militer di Somalia untuk memberikan perencanaan dan konsultasi dukungan kepada Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) dan pasukan keamanan Somalia untuk meningkatkan kemampuan mereka dan mempromosikan perdamaian dan keamanan di seluruh Somalia dan wilayah , " kata Davis dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat militer AS mengatakan ukuran sel koordinasi adalah kurang dari lima personel militer AS. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version