View Full Version
Rabu, 10 Sep 2014

Tanpa Penjelasan, Bank-bank di Amerika Tutup Rekening Nasabah Muslim

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Bank-bank di seluruh Amerika Serikat telah menutup rekening nasabah Muslim tanpa penjelasan apapun.

Puluhan nasabah Muslim di AS mengatakan mereka menerima pemberitahuan yang mengatakan bahwa rekening bank mereka telah ditutup. Mereka yang rekeningnya ditutup termasuk pemilik bisnis, organisasi nirlaba, dan mahasiswa.

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) percaya langkah ini terkait dengan kebijakan rasis dan telah membawa pengaduan ke Departemen Kehakiman.

Seorang juru bicara Departemen Kehakiman mengatakan masalah ini adalah masalah bagi regulator perbankan, termasuk Biro Perlindungan Keuangan Konsumen.

"Biro membawa dengan serius tuduhan diskriminasi di pasar keuangan konsumen dan berkomitmen untuk menjaga konsumen memiliki akses yang adil dan setara dengan kredit," katanya, menambahkan "Kita tidak bisa mengkonfirmasi atau mengomentari apakah penyelidikan sedang berlangsung."

CAIR, kelompok hak-hak sipil Muslim, mengatakan Michigan chapter saat ini sedang mempertimbangkan sebuah gugatan terhadap bank.

Akun-akun rekening tersebut tampaknya punya orang-orang yang memiliki hubungan dengan Kuwait dan Suriah.

Los Angeles Times melaporkan bahwa seorang pengusaha Florida, yang baru saja membuka rekening baru di Chase Bank, menerima surat yang mengatakan kedua account pribadi dan bisnisnya ditutup.

"Untuk menembak saya jatuh - ini tidak bagus," kata Sofian Zakout kepada LA Times "Ini semacam prasangka yang tidak dapat diterima."

"Kami tidak pernah mengerti apa yang terjadi," kata Abdul Hyee Waqas, yang memiliki rekening di Bellevue, Washington, ditutup, kepada Times. "Kami telah menjadi pelanggan yang baik. Itu sangat menyedihkan."

Warga Muslim telah berada di bawah tekanan di AS dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyak yang dimata-matai tanpa alasan. Beberapa warga Muslim AS telah mengutuk tindakan tersebut sebagai rasial. (st/ptv)


latestnews

View Full Version